Thursday, May 14, 2009

Suka Ngantuk...

saya sangat heran dengan diri saya sendiri, mau tau kenapa...??? karena saya punya penyakit yang cukup merepotkan diri saya, apalagi ketika saya sedang mengendarai motor atau sedang mendengarkan ceramah kuliah maupun ceramah pengajian. mau tau gak, kira-kira apa penyakit saya tersebut...??? penyakit saya yaitu suka ngantuk ketika sedang dalam keadaan resmi dan sangat penting, sedangkan dalam keadaan nyantai dan ada waktu, penyakit ngantuk saya tiba-tiba menghilang begitu saja.

saya ingat ketika smea dulu, saya duduk di depan sama sutatik, saya tidak hanya sekali tetapi berkali-kali suka mengantuk saat guru memberi penjelasan mata pelajaran. parahnya tidak hanya saya yang ngantuk, sutatik juga lebih parah dari saya. kalau sutatik wajar, karena malam harinya dia harus membantu ibu angkatnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang begitu banyaknya. maklum, ibu angkat sutatik punya toko besar dan anaknya banyak, sehingga pekerjaan rumah tidak pernah ada habisnya. nah kalau saya...??? paling-paling saya ngurusi irm dan pramuka, dan saya tidak pernah mengerjakan pekerjaan rumah, sehingga sebenarnya tidak ada alasan bagi saya untuk mengantuk saat guru menerangkan.

saat kuliah di unnes, saya juga masih suka ngantuk saat dosen menerangkan pelajaran. bukan hanya ngantuk, saya juga sering datang terlambat karena bangun kesiangan. parahnya lagi, saat ngantuk saya duduk di bangku paling depan sekali, sehingga dosen benar-benar melihat bagaimana saya sedang mengantuk dengan gaya saya. saking seringnya ngantuk, temen saya yang duduk di sebelah saya, pasti menjadi korban karena tak minta untuk bagaimana agar saya tidak ngantuk lagi. biasanya temen saya melakukan aksi: cubit tangan saya sampai merah, mukul punggung saya agar kaget, mengajak saya ngobrol, sampai senyum-senyum sama saya agar saya bisa tertawa.

dari cara-cara yang dilakukan temen saya, kadang berhasil dan kadang sama sekali tidak berhasil. dan saya mulai akan tidak mengantuk alias hilang rasa kantuknya ketika: jam belajar telah habis, dosen mengajak mahasiswa untuk diskusi, dan ada sesi presentasi makalah yang kemudian dilanjutkan dengan debat antar penyaji makalah dengan para audiens. atau ada satu lagi yang membuat saya tidak ngantuk yaitu: ketika ada mata kuliah yang saya sukai seperti mata kuliah filsafat atau logika. boro-boro ngantuk, bahkan ketika jam usaipun saya merasa masih belum puas dan masih ingin debat dengan profesor suyahmo. dosen yang tidak begitu disukai oleh mahasiswa karena alasan terlalu liberal, tetapi sangat saya cintai karena sangat cerdas dan progresif.

tidak hanya di unnes, ketika kuliah s2 di uhamka pun, saya masih ngantukkan dan suka tertidur di kelas jika dosennya sedang menerangkan, apalagi dosen yang nyantai dan tidak galak. saya sempat merasa tidak enak sama dosen dan temen-temen, tetapi karena temen-temen saya yang lain juga banyak yang ngantuk, dan mata saya juga ternyata tidak bisa diajak kompromi sama sekali, yaudah deh saya tidur di kelas. sebenarnya malu banget sih, merasa bersalah juga sama dosen yang sedang menyampaikan ilmunya buat saya, tapi sekali lagi saya hanya bisa mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa melawan rasa kantuk saya saat dosen sedang memberikan materi.

ngantuk di ruangan masih mending, alias tidak membahayakn hanya membuat malu diri sendiri saja, nah akan menjadi masalah jika ngantuk saat mengendarai motor...??? nah itu dia yang sedang menjadi masalah dalam diri saya, bahwa ketika sedang mengendarai motor jarak jauh saya sering banget dalam keadaan mengantuk dan bahkan sering juga seperti melayang karena setengah tertidur. saya tidak tahu kenapa itu bisa terjadi...??? yang pasti, malamnya saya tidur cukup atau kurang tidurpun, paginya ketika mengendarai motor saya pasti ngantuk juga.

saya sempat mencari cara bagaimana agar tidak ngantuk saat mengendarai motor: dari minum kopi, makan permen, menyanyi keras-keras, senam mulut, membuka kaca helm, dan bahkan samapi memelototi pengguna jalan yang ada di belakang dan di depan saya. tetap saja masih ngantuk dan melayang rasanya, bahkan saking ngantuknya saya pernah terjatuh di trotoar jalan raya tb simatupang. saya jatuh ke kanan tertindih oleh motor saya dan plat motor saya sampai lepas.

dalam acara-acara resmi sekalipun, saya tidak jarang merasa sangat ngantuk sekali dan hampir tertidur, klo ini tidak hanya malu tetapi juga sangant disayangkan karena saya ketinggalan materi yang sedang disampaikan oleh pemateri. kadang jika tidak ketinggalan, paling materi yang saya dapatkan jadi setengah-setengah alias tidak nyambung. yah semoga temen-temen yang lain tidak mengalami penyakit mengantuk kayak saya, karena sungguh tidak mengenakkan hati dan menyengsarakan diri sendiri.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog