Sunday, May 31, 2009

Sholat Jum'at...

waktu smea saya rutin sholat jum'at di sekolah, awalnya karena diwajibkan oleh sekolah, sehingga saya tidak berani kabur saat sholat jum'at. meski awalnya terpaksa, akhirnya saya menikmati dan merasa harus sholat jum'at setiap kali hari jum'at tiba. meskipun tidak sedikit temen-temen cewek saya yang pada kabur waktu disuruh sholat jum'at, atau mereka beralasan sedang haid.

setelah kuliah di semarang, saya tidak lagi rutin sholat jum'at, selain karena susah mencari tempat yang menyediakan untuk sholat jum'at saya juga sering merasa sibuk dengan kuliah dan dengan kegiatan intra dan ekstra kampus. tapi sebenarnya waktu itupun saya masih yakin bahwa perempuanpun kalau bisa sholat jum'at, karena dari pada ngelihatin laki-laki pada sholat tapi kitanya malah bengong saja.

kemaren ketika saya sedang di warnet, penjaganya kebetulan laki-laki, ketika itu hari jum'at siang menjelang sholat dzuhur. saya sengaja diam dan menunggu respon dia apakah dia akan sholat jum'at atau tidak. ternyata sekitar 10 menit sebelum adzan dia memberikan peringatan ke komputer saya bahwa sebentar lagi dia akan menunaikan sholat jum'at, sehingga dia meminta kepada saya untuk segera meninggalkan tempat dengan hormat.

sebenarnya biasa saja, karena secara umum laki-laki memang wajib menunaikan sholat jum'at sedangkan perempuan tidak wajib bahkan ada yang bilang bahwa perempuan tidak boleh sholat jum'at. selepas dari warnet saya beli juz yang kebetulan penjualnya adalah perempuan dan kebetulan lagi dia jualan di dekat masjid dimana orang-orang dengan jenis kelamin laki-laki sedang melaksanakan sholat jum'at. terjadilah dialog saya dengan dia (sebut saja namanya mbak ayu):
saya: kok gak tutup mbak ayu...???
ayu: saya kan gak sholat, kenapa musti di tutup jualan saya...???
saya: kenapa mbak ayu gak ikut sholat jum'at aja...???
ayu: saya kan perempuan, jadi gak boleh sholat jum'at...
saya: bukan gak boleh kali mbak, tapi tidak wajib tepatnya...
ayu: kalau saya sih berprinsip bahwa perempuan tidak boleh sholat jum'at, laki-laki doang yang wajib menunaikan sholat jum'at...
saya: masa iya sih perempuan yang sholat jum'at dosa...??? kasian banget dong perempuan...???
ayu: saya gak tahu ya, yang pasti perempuan bagi saya tidak boleh sholat jum'at...
saya: padahal dari pada bengong dan melamun mendingan sholat jum'at ya mbak...???
ayu: tapi kan nanati kita juga sholat kan mbak...???
saya: iya sih, tapi ketika masjid masih kosong dan kita ada waktu kenapa gak sholat sekarang aja ya...???
ayu: tau ah mbak, saya pusing, kalau saya pokoknya tidak pernah berniat untuk sholat jum'at, titik...

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog