Saturday, May 02, 2009

Hari Buruh...

tidak bisa banyak komentar ne, takut mubadzir aja, soale paling-paling juga gak didengerin kok. eh maap, kok jadi pesimis banget ya...??? buruh tu siapa sih...??? bagi saya, buruh itu bukan hanya pekerja pabrik saja, orang-orang kantoran yang memakai dasipun, jika masih menggunakan kontrak kerja dan gajinya tidak sesuai dengan kebutuhan hidup saat ini, dia juga buruh.

saya guru, dan banyak teman-teman guru lainnya, masih banyak guru-guru yang gajinya enggak seberapa alias tidak sesuai dengan jerih payahnya saat kuliah yang menghabiskan banyak uang. bahkan tidak sedikit kasus  nyata seperti: gaji guru dan gaji buruh sama bahkan bisa lebih besar gaji buruhnya.

jadi, hari buruh itu untuk apa dan untuk siapa...??? masih banyak aturan-aturan buruh yang bias seperti:

1. sistem kontrak bagi karyawan baru

2. gaji minimum masih sangat kurang

3. buruh perempuan tidak mendapatkan cuti haid, hamil, dan melahirkan

4. tidak mendapat tunjangan-tunjangan

5. kerja keras tanpa mengenal lelah

6. tidak mendapatkan transportasi dan uang makan

7. pembedaan antara buruh laki-laki dan perempuan

tiap tahun ada hari buruh, dan tiap tahun pula mereka berdemo kepanasan, kelaparan, dan kehausan. satu hal yang mereka inginkan, yaitu perubahan atas nasib hidupnya demi keluarganya yang sangat dicintainya.

sepertinya tidak perlu kita pertanyakan tentang sikap pemerintah, dari hari ke hari bahkan dari bulan ke bulan sampai dari tahun ke tahun, sikap pemerintah ya begitu-begitu saja. kalaupun ada perubahan tidak terlalu signifikan dan progresif.

masyarakat miskin seperti kita, dipaksa untuk selalu mengerti kebijakan-kebijakan pemerintah yang bahkan kita sendiripun tidak mengerti maksud dari kebijakan tersebut. ketika disalahkan, mereka balik menyalahkan kita, mereka menuduh kita sebagai masyarakat yang kurang aktif dan partisipatif dalam membangun bangsa. lha, gimana mau membangun bangsa...??? membangun hidup sendiri aja masih kelimpungan dan kerepotan...???

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog