Monday, May 04, 2009

Rika Dan Siswandari....

saya sedang membahas materi sistem politik di indonesia di kelas 10. Saya mencoba transfer pengalaman saya ketika nyaleg kemaren, berharap murid-murid saya mengerti tentang realitas perpolitikan di indonesia yang sungguh luar biasa parahnya.

rata-rata murid saya merespon, meski respon mereka bermacam-macam, dari yang cuek, biasa-biasa saja, sampai yang sangat peduli dengan kondisi perpolitikan di indonesia.

ditengah saya berdiskusi dengan anak-anak, ada dua orang murid saya yang lumayan merespon materi yang sedang saya sampaikan, begini dialog saya dengan mereka:

rika: ibu, wajib belajar kan gratis ya...??? tapi sayang ya, cuma untuk sekolah dasar dan smp yang negeri, swasta tetap aja mahal...??? gimana tu kebijakan pejabat kita...???

saya: iya dek, yang gratis baru negeri, yang swasta tetap aja mahal banget, ada masukan gak...???

rika: menurut saya bu, karena yang negeri gratis, harusnya yang gratis itu dikhususkan aja untuk orang-orang yang miskin, orang-orang kaya jangan diperbolehkan sekolah di negeri, tapi karena mereka punya uang, mereka wajib menyekolahkan anaknya di sekolah swasta...

saya: keren juga tu ide, emang yang sekolah di negeri orang-orang kaya semua ya...???

rika: enggak semua bu, tapi rata-rata orang kaya ngejar ke sekolah negeri karena alasan prestise...

saya: oya ya, kok saya baru kepikiran ya, maksudnya saya baru sadar kalau orang-orang kaya ngejar sekolah negeri...???

rika: kan kasian orang-orang yang gak punya uang bu, masa mau sekolah aja gak bisa gara-gara sekolah negeri udah penuh ma orang kaya, eh adanya sekolah swasta, dan sekolah swasta bayar...

saya: enaknya gimana coba...??? jadi pusing ne mikirin kondisi indoensia...

wanda: kayaknya enggak ada bagus-bagusnya ya bu... atau memang ada yang salah ya bu...???

saya: menurut kamu salah siapa...???

wanda: tapi kita kan juga gak bisa nyalahin pemerintah aja bu...??? kita sebagai warga negara juga ikut salah kan bu...???

saya: iyalah, masa pemerintah aja yang kita salahkan...???

wanda: jadi pusing ni bu, mikirin masalah indonesia gak habis-habis, udah gitu kita gak bisa ngapa-ngapain lagi...???

saya: iya ya, jadi pusing juga dech, sedih juga karena belum bisa ngasih apa-apa buat indonesia...

wanda: smile aja bu...

saya: hehehehehe...

ternyata murid-murid saya sangat luar biasa ya, diusianya yang masih sangat muda, mereka sudah sangat peduli dengan kondisi indonesia yang carut-marut, saya yakin, merekalah generasi-generasi muda yang akan menggantikan yang tua-tua...

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog