Friday, May 29, 2009

Minta Nilai...

ada seorang murid kelas 12 sma yang hampir lulus datang menemui guru ppkn nya, dia bercerita bahwa nilai ppkn nya semester satu saat dia kelas 12 cuma 6,0, dia mohon kepada gurunya untuk bisa menambahi nilainya tersebut. dia pengen nilai 6,0 nya menjadi 6,5 atau syukur-syukur bisa lebih dari 6,5. dia ngotot dan sangat berharap banyak pada gurunya itu. bahkan dia hampir tidak bisa menghargai keputusan gurunya tersebut, yang berprinsip untuk tidak merubah nilai yang sudah diputuskan dan dipublikasikan di raport.

ternyata si anak tersebut ingin menjadi seorang polwan, dan syarat mendaftar polwan diantaranya untuk mata pelajaran ppkn tidak boleh kurang dari 6,2. karena mata pelajaran ppkn bagi negara adalah pelajaran yang wajib diterima oleh para murid. karena ppkn mengajarkan nasionalisme dan semangat rela berkorban pada anak-anak murid.

akhirnya guru tersebut meminta tugas makalah kepada sanga murid tersebut, sebagai syarat untuk mendapatkan nilai 6,5. sebenarnya agak berat hati, bukan karena apa-apa tetapi lebih pada persoalan guru tersebut merasa bahwa murid tersebut terlalu menggampangkan dan hampir seperti tidak menghargai. pasalnya kenapa dia mendapat niali 6,0 itu karena dia tidak ikut ulangan satu kali, sehingga ketika dijumlah nilainya tidak bisa banyak.

tapi apapun itu, kadang kita dituntut untuk menjadi orang baik atau minimal bisa menjadi orang yang tidak merepotkan orang lain. atau minimal lagi kita bisa menyenangkan orang dan membikin orang tidak membenci kita. meski agak susah dan tidak semua orang mampu melakukan itu.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog