Saturday, May 23, 2009

Orang Aneh Juga Menyebalkan...

manusia makhluk yang kata agama manapun paling sempurna, manusia dikatakan sempurna karena mempunyai kelebihan akal dan rasa dibandingkan dengan makhluk tuhan yang lainnya. manusia sebagai makhluk yang sempurna mengemban tugas di muka bumi yaitu sebagai pelangsung hidup dan kehidupan. sebagai manusia yang sempurna itulah, hendaknya manusia menjadi sosok yang ideal dan bisa diteladani. meskipun dalam tataran itu hampir hanya seperti angan-angan yang manusia sendiri tidak yakin, apakah dirinya mampu untuk melaksanakan atau tidak.

dalam karakternya, manusia ada yang baik dan ada yang kurang baik, ada juga manusia yang jahat sebaliknya ada manusia yang sangat ramah. realitas karakter tersebut hanya menjadi bagian kecil dari proses kehidupan manusia yang harus dilewati menuju satu titik kesempurnaan abadi.

saya sebagai manusia pribadi mencoba untuk selalu sekedar memaknai indahnya kehidupan ini, yang kata sebagian orang sangat fana dan penuh absurditas. meski makna yang kutafsirkan cenderung sangat subjektif dan terkadang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang diusung oleh masyarakat.

dalam teori aturan hukum, perilaku seperti apapun sah selama tidak bertentangan dengan hukum. dalam teori agama, perilaku seperti apapun boleh selama tidak melanggar ajaran agama yang dianut oleh seseorang. dalam kehidupan masyarakat terdapat norma masyarakat, sehingga perilku manusia tidak bisa seenaknya sendiri, tetapi harus berdasarkan atas norma yang berlaku di masyarakat.

mungkin sedikit agak fokus pada norma masyarakat, karena dari norma masyarakatlah manusia sering mengalami benturan-benturan antara yang satu dan yang lainnya. saya tidak tahu dari mana asalnya, atau dari siapa yang mengajari, sehingga manusia dalam bermasyarakat cenderung mementingkan dirinya sendiri. bahkan tidak banyak pula manusia yang sedih ketika ada tetangga atau temannya menemukan keberhasilan.

saya sebenarnya tidak suka membuat masalah, tetapi saya agak tidak enak hati ketika ada orang yang membuat masalah dengan saya. saya sebenarnya sebagai manusia normal ingin bisa balas dendam ketika disakiti oleh orang yang sama sekali tidak pernah saya sakiti, tetapi sebagai manusia yang katanya punya rasa dan jiwa, saya mencoba untuk tetap bijaksana dan enjoy aja.

siapapun orangnya dan seperti apapun gayanya, saya paling tidak suka kalau ada orang yang begitu senangnya mencampuri dan mengurusi persoalan orang lain. apalagi sampai meluangkan waktunya sedetail mungkin untuk mengorek-ngorek kejelekan orang lain tersebut. dirinya terlalu sibuk dengan urusan dan masalah orang lain, sampai tidak sempat mengurusi masalahnya sendiri.

mulutnya begitu gampang mencaci dan mencemooh, tanpa peduli dengan bagaimana reaksi orang atas kata-kata dan ucapannya. mohon maaf saja, jika akhirnya agak emosi, tapi yang jelas saya berdoa untuk semua manusia agar senantiasa selalu menjadi orang baik dan menyenangkan orang lain. mengoreksi kekurangan diri sendiri dan tidak mengurusi orang lain keculai hanya dalam hubungan bersaudara dan saling memberi serta menerima.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog