Friday, May 29, 2009

Ngawas UAS...

saya nggak pernah ngerti, kenapa anak-anak terlihat begitu suka sama saya. apakah mereka suka benar-benar nyata atau karena ada kepentingan. tapi saya rasa terlalu naif jika saya menuduh mereka mempunyai kepentingan terhadap saya. kita saja pasti tidak suka jika dituduh mempunyai kepentingan dengan apa yang kita lakukan.

saat saya masuk kelas mereka heboh dan seolah menyambut saya dengan riang gembira. saat saya tidak masuk karena ijin atau tidak enak badan, ada beberapa dari mereka yang sms saya dan menanyakan perihal ketidak hadiran saya. saat saya menerangkan mereka serius mendengarkan meskipun ada beberapa yang gaduh, yah wajar saja namanya juga anak smu.

banyak dari mereka yang sudah seperti teman saya, kita kadang berkerumun sembari melaksanakan aktivitas ekstra kurikuler karena kebetulan saya pembina eskul saman. kita juga kadang makan bareng dan jalan kesana kemari bareng. mereka juga sering sms atau on line via internet hanya sekedar untuk berbagi dan say hallo.

saking deketnya saya dengan anak-anak, kadang mereka juga tidak bisa menempatkan saya sebagai guru mereka. mereka merasa bahwa saya benar-benar teman mereka, sehingga mereka tidak perlu memperlakukan saya seperti mereka memperlakukan guru-guru mereka yang lainnya. nah disini saya sebenarnya biasa-biasa saja, tetapi saat hati sedang tidak enak saya agak kesel juga.

mas iya pas ulangan misalnya, pas guru-guru yang lain yang ngawasi mereka tenang dan pada diam semua, bahkan mereka terkesan sangat serius mengerjakan soal-soal ulangan. giliran saya yang ngawas apalagi saya sendirian, mereka pada ketawa dan gaduh yang seolah-olah saya mengijinkan mereka untuk bebas bertanya kepada teman-temannya.

sebenarnya sih saya mencoba untuk memaklumi gaya mereka, namanya juga anak-anak muda yang masih susah diatur. tapi kalau mereka sangat kebangetan yah saya akhirnya gak gedek juga ngelihatnya. spontan aja saya jadi agak sewot sama mereka, saya bilang aja:
saya: kalian itu yah, ini kan semesteran, kenapa pada gak serius sih ngerjain soalnya...???
saya: kalau gak naik kelas siapa yang mau bertanggung jawab...???
saya: udah kerjakan sendiri, jangan nyontek temannya, belum tentu temen kamu bisa ngerjain...
anak-anak: iya bu imma...

kalau sudah marah sama anak-anak saya merasa menyesal dan sangat tidak enak hati rasanya. saya merasa telah melakukan perbuatan yang tidak menyenangkan sehingga saya harus meminta maaf kepada mereka. yah bagaimanapun mereka kan manusia yang punya hati, sehingga harus juga dihargai dan dihormati. apalagi smu bagi saya sudah sangat dewasa dan bukan anak-anak lagi.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog