Saturday, May 23, 2009

Kisah Teman Saya Tentang Dirinya...

suatu hari teman saya sedang mengisi sebuah pelatihan psikologi di suatu daerah, pesertanya kebetulan berasal dari seluruh indonesia dan rata-rata berusia tiga puluh tahun ke atas. teman saya sebut saja namanya keke sebagai salah satu fasilitator dalam pelatihan tersebut. karena sebagai fasilitator otomatis dia sangat dihormati oleh para peserta pelatihan.

suatu ketika, ada bapak-bapak peserta pelatihan yang berasal dari sumatra bertanya kepada keke teman saya, dia menanyakan perihal status keke apakah sudah berkeluarga atau belum, karena kebetulan usia keke sekitar 35 tahun, usia yang bagi masyarakat umum sudah sangat layak dan pantas untuk menikah.

sebenarnya keke belum berkeluarga dan bukan belum mau tetapi memang belum menemukan jodohnya. nah karena tidak enak sama para peserta, si keke teman saya tiba-tiba mengaku telah berkeluarga dan sedang dalam keadaan hamil. keke tidak bermaksud berbohong, hanya mengiyakan apa yang dikatakan oleh para peserta pelatihan.

saya hanya mencoba untuk berlogika, bahwa ada realitas dimana orang tidak menginginkan sebuah pernikahan. tapi ternyata ada orang yang begitu menginginkan pernikahan tetapi belum diberi jodohnya oleh tuhan. nah dalam kasus orang-orang yang tidak menginginkan pernikahan, saya melihat dari hal bahwa orang tersebut benar-benar memang memutuskan untuk tidak mempunyai pasangan hidup.

dari beberapa orang yang saya temui dan saya survei, orang-orang yang memutuskan tidak mempunyai pasangan hidup rata-rata beralasan belum menemukan, dan ada sebagian kecil yang mengatakan bahwa dirinya memang tidak butuh pasangan hidup dan merasa bisa hidup sendiri. untuk kasus yang paling terakhir, saya pikir itu adalah sebuah pilihan seseorang yang tidak layak kita hakimi apalagi sampai kita salahkan.

karena bagi saya pribadi, manusia mempunyai hak untuk melangsungkan hidupnya sendiri tanpa dikalim, selama tidak mengganggu dan menyakiti orang lain yang ada disekitarnya. jadi, sudah bukan saatnya lagi mengklaim orang-orang yang berbeda pandangan dengan kita. karena yang terpenting bagi kita adalah mengklaim diri sendiri.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog