Saturday, May 02, 2009

Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2009...

hari ini hari pendidikan nasional, yaitu hari dimana kita harus merayakan atas keberhasilan yang telah dicapai oleh dunia pendidikan di indonesia. keberhasilan yang mana ne...??? ketika ada banyak realitas memiriskan tentang dunia pendidikan di indonesia seperti:

1. sekolah makin mahal

2. kuliah apa lagi, sangat-sangat mahal

3. sekolah pada rusak

4. gaji guru swasta segitu-gitu aja

5. anggaran pendidikan 20% belum tercapai dengan sempurna

6. kualitas guru menurun

7. kenakalan remaja menjadi-jadi

jadi, hari pendidikan ini buat siapa...??? yang pasti jawabannya bukan buat rakyat kecil, yang ada juga buat pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan buat orang-orang kaya yang memang tidak bermasalah dengan keuangan sehingga mau sekolah dan kuliah dimanapun tidak ada masalah sedikitpun.

tadi pagi, saya sms mahasiswa saya yang kebetulan seorang guru, kemudian dari sms saya tersebut, dia berdiskusi dengan saya.

saya: "mas aris, sedih banget ya jadi guru di indonesia, banyak tuntutan tetapi gajinya tidak seberapa."

aris: "bener banget bu, pemerintah mensistemkan pendidikan terlalu materialistik, guru-guru menjadi salah motivasi, dan orang tua tidak mampu menjadi figur bagi anak-anaknya."

saya: "sebenarnya kita sih ikhlas jadi guru, tapi kalau untuk makan saja kita masih harus ngutang, gimana coba...???"

aris: "saya 12 tahun jadi guru, selalu pura-pura untuk tidak tahu berapa imbalan yang saya terima sebagai seorang guru."

kemaren, saya ketemu dengan anak muda yang baru lulus sma, yang pekerjaannya sebagai penjaga warnet. dia cerita ke saya, begini dialog saya dengan dia:

anak muda: "mbak, saya pengen banget bisa kuliah s1 jurusan IT."

saya: "bagus dek, ayo saya dukung, mau ambil dimana...???"

anak muda: "di universitas A, tapi gak sanggup kayaknya mbak...???"

saya: " emang kenapa dek...???"

anak muda: "uang masuknya rp. 9.000.000, per semester rp. 2.600.000 belum termasuk sks, sementara per sksnya rp. 75.000."

saya: "gila mahal amat...???, yaudah ambil yang d3 aja dek, gak usah di universitas itu, ambil di akademi aja atau sekolah tinggi."

anak muda: "pengennya di universitas itu mbak, kan keren dan bagus lagi kualitasnya, tapi ya mau gimana lagi mbak...???"

saya: "tetap semangat ya dek, hidup ini penuh perjuangan, dan yakinlah jika kita semangat, kita pasti akan berhasil."

mungkin cerita-cerita seperti di atas tidak sedikit, tapi mungkin sangat banyak sekali, dan idealnya itu tidak terjadi di negara indonesia yang katanya sangat kaya dan makmur tanahnya. tetapi nyatanya, kenyataan tersebut benar-benar ada, dan sampai sekarang tidak pernah ada solusinya.

sedih melihat dunia pendidikan di indonesia, belum lagi kasus perubahan kurikulum yang seolah-olah syarat dengan kepentingan. guru-guru belum paham dengan kbk sudah diganti dengan ktsp, bahkan terakhir akan diganti lagi dengan skm. seolah-olah, kurikulum hanya menjadi uji coba proyek saja, padahal jika bicara kurikulum kita tidak akan lepas dari guru dan murid sebagai penggerak kebijakan.

harusnya yang berhak memberi masukan tentang kurikulum yang layak adalah guru dan murid, karena mereka benar-benar terjun secara langsung, sehingga pasti akan lebih paham dan mumpuni. tetapi kenyataannya, guru-guru dan murid hanya menjadi objek kebijakan pemerintah yang bias dan cenderung merugikan guru dan murid.

selamat hari pendidikan nasional bagi yang merasa bisa merayakannya, sedangkan bagi teman-teman saya yang belum bisa sekolah karena alasan dana, tiada kata lain selain sabar, meski kata sabar sendiri menurut saya adalah kata-kata kepasrahan tanpa usaha maksimal.

termasuk untuk diri saya sendiri, yang begitu ingin bisa s3, tetapi maju mundur dengan alasan tidak punya biaya untuk s3. coba kalau s3 sppnya per semester rp. 2000.000, mungkin saya masih sanggup untuk menjalaninya, meskipun harus hutang kesana kemari. tetapi kalau spp per semesternya rp 10.000.000, dari mana saya bisa mendapatkan uang sebanyak itu...??? belum lagi untuk uang masuk atau uang gedungnya. gaji saya saja jika dikumpulkan selama satu semester tidak akan sebanyak itu. kasian banget ya jadi orang yang tidak kaya.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog