Tuesday, June 30, 2009

Sambal Enak Tapi Bikin Sakit Perut

dari dulu saya suka sekali dengan sambal, apapun nama dan jenis sambalnya. saya mengenal beberapa sambal diantaranya: sambal trasi, sambar tomat, sambal kecap, sambal untuk lalapan, dan sambal uyek-uyek. khusus untuk sambat uyek-uyek adalah sambal kesukaan bapak saya yang telah meninggal ketika saya kelas tiga sekolah dasar. bapak saya setiap kali makan pasti minta disediain sambal uyek-uyek yang terbuat dari bawang merah, cabe hijau, dan garam. meskipun sambal tersebut sangat sederhana, kata bapak saya rasanya sungguh nikmat luar biasa.

sampai kuliah dan sampai sekarangpun saya tetap mencintai sambal-sambal buatan orang indonesia. padahal penyakit maghku agak lumayan dan sebenarnya tidak boleh makan sambal. tapai lagi-lagi saya merasa bahwa makan tanpa sambal tidak enak, saya mengabaikan penyakit magh saya.

selera sambalku agak berbeda dengan imej terhadap sambal selama ini. bagaimanapun orang menganggap bahwa sambal itu adalah makanan tambahan bagi lauk yang rasanya sangat pedas. tetapi sambal yang saya suka yaitu sambal yang pedas tetapi ada manisnya. makanya saya tidak begitu suka masakan padang karena sambalnya aneh menurut saya. bukan primodial soal makanan ya, tetapi lebih pada selera makanan saya yang manis-manis.

karena seringnya makan sambal, saya kerap kali suka buang air besar sampe berkali-kali. dan yang mengganggu setiap buang air besar waktu yang saya gunakan hampir 30 menit kadang lebih dari itu. sebenarnya tanpa sambalpun bab saya memang lama sekali, apalagi makan sambal tiap hari. gara-gara sambal juga saya suka sakit perut saat di luar rumah alias sedang ada kegiatan di luar. kalau disitu ada wc sih gak masalah, yang menjadi masalah yaitu kebelet ketika sedanga dijalan dan perjalanan jarak jauh, itu yang membuat saya sangat tersiksa lahir dan batin. makanya antisipasi saya sekarang ketika hendak melakukan perjalanan jauh saya memilih untuk tidak makan sambal.

jadi ingat cerita lucu dan menggemaskan menurut saya, cerita tentang kakaknya teman saya afri. afri adalah teman dekatku di kampus unnes, saya sering nginap di rumah afri di daerah magelang jawa tengah. suatu ketika pagi hari sekitar pukul 05.00 pagi perut saya mendadak sakit gara-gara semalaman makan sambal buatan ibu afri. saat saya ke kamar mandi saya kaget karena kamar mandinya ditutup. saya tanya ke afri siapa yang di dalam, ternyata ada kakakny afri yang sedang mandi, begini dialog saya sama afri kala itu:

saya: fri, perutku sakit banget mau bab?
afri: sabar ya im, ada kakakku di dalam.
saya: iya aku ngerti.
afri: (sambil senyum-senyum).
saya: afri sudah 15 menit kakakmu belum keluar juga, gimana ni perutku sudah sakit banget?
afri: (pergi menuju kamar mandi untuk menggedor pintu.
saya: gimana fri?
afri: tidak ada jawaban.
saya: kok bisa sih?
afri: jangan kaget ya, kakakku itu kalau mandi kurang lebih satu jam, bahkan bisa lebih dari satu jam.
saya: hah? yang bener saja fri? bisa bab disini saya.
afri: makanya harusnya tadi kamu ke wc dulu sebelum kakakku mandi.
saya: mana saya tahu fri, wong kamu nggak bilang kok.
afri: lha kamu juga nggak bilang kalau mau bab kan?
saya: wong bab kok dipaksa, yah sesukanya dia dunk.
afri: hehehehe.

nah terakhir-terakhir ini saya kan ngantor di rumah bapak aksa mahmud adeknya bapak jusuf kalla. kebetulan bapak aksa ini orang makasar dan otomatis pembantu rumahnya juga orang makasar. karena orang makasar suka sambal juga, tiap kali makan pasti ada sambalnya, kebetulan saya selalu makan di rumah bapak aksa mahmud. sambalnya sangat pedas, tapi karena saya maniak sambal saya merasa tidak terlalu pedas.

baru beberapa hari makan di rumah bapak aksa, perut saya mulai amburadul tiap pagi tiba. saya selalu buang air besar bolak balik wc. awalnya saya mikir, kenapa saya bisa seperti itu. akhirnya saya disadarkan oleh diri saya sendiri bahwa penyebabnya pasti sambal. dan saya mengiyakan bahwa ternyata sambal di rumah bapak aksa sangat dasyat bagi perut saya. sambalnya sungguh enak luar bisa, dan meskipun saya bolak balik wc saya tidak kapok memakan sambal di rumah bapak aksa mahmud. malah saya bilang ke mbaknya bahwa sambalnya luar biasa.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog