Tuesday, June 30, 2009

Ancaman Lingkungan Oleh Manusia

beberapa waktu lalu ppna mengadakan diskusi tentang bahaya kerusakan lingkungan bagi alat reproduksi laki-laki dan perempuan. pembicara berasal dari aktivis yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan perempuan. pembicara membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan diantaranya:
1. bahaya sampah yang semakin hari semakin bertambah banyak apalagi di jakarta.
2. penebangan hutan oleh pihak yang tidak bernurani.
3. pembakaran hutan di luar jawa.
4. banyaknya pabrik-pabrik yang limbahnya tidak diurus secara benar.
5. penambangan emas.
6. penambangan pasir secara berlebihan.
7. banyaknya orang merokok.
8. asap kendaraan bermotor dan mobil.
9. kurangnya daerah resapan air.
10. kurangnya kesadaran manusia untuk hidup sehat dan bersih.

semua masalah-masalah diatas rata-rata disebabkan oleh perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab. manusia cenderung individualistik dan tidak sadar untuk menghormati lingkungan. banyak manusia yang menggunakan tysu secara berlebihan, banyak orang yang merokok disembarang tempat, dan banyak orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

jika dibiarkan selama terus-menerus maka lingkungan di indonesia akan kotor dan tercemari. ketika lingkungan sudah kotor maka akan berdampak pada udara yang tidak lagi bersih. jika udara tidak bersih pasti air bersih juga akan sulit ditemui lagi. sehingga efeknya adalah akan mengganggu pola hidup manusia. dan jika pola hidup manusia sudah tidak sehat lagi pasti angka harapan hidup di indonesia akan menurun kualitasnya.

dalam masalah rokok saja misalnya, para perempuan cenderung tidak merokok dan tidak berani melarang para laki-laki yang merokok. padahal perokok pasif jauh lebih berbahaya dari pada perokok aktif. dan anehnya para perokok pasif tidak pernah berani mengingatkan manusia-manusia yang merokok disembarang tempat.

masalah sampah misalnya: manusia cenderung tidak membuang sampah pada tempatnya. alasannya rata-rata karena jarangnya tempat sampah di indonesia dan itu memang kenyataan. karena jarangnya tempat sampah akhirnya orang membuang sampah di sembarang tempat yang penting bisa membuang sampah dengan bebas.

kemudian jika ada bencana di negara indonesia, kita tidak bisa menyalahkan tuhan atau mengkambinghitamkan seseorang. karena menurut saya bencana tersebut adalah dampak dari ulah yang dibuat manusia. manusia sering melakukan kesalahan tetapi jarang menyadari bahwa kesalahan tersebut adalah hasil perbuatannya. semoga kita tidak termasuk yang seperti demikian, amien.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog