Saturday, June 13, 2009

Deklarasi Pemilu Damai...

deklarasi pemilu damai diadakan oleh kpu pusat beberapa waktu yang lalu, ketiga capres dan cawapres datang tepat waktu. masing-masing pasangan capres cawapres membawa tim sukses masing-masing yang jumlahnya tidak sedikit. masing-masing tim sukses duduk bergerombol dan terpisah dengan tim sukses dari capres cawapres lain. dan saya kebetulan tersesat di kelompok tim sukses sby-boediono, sebenarnya ada kursi khusus undangan tapi karena sudah tidak mungkin pindah akhirnya saya memutuskan untuk menetap disitu.

acarapun segera dimulai, masing-masing capres cawapres diberikan kesempatan oleh kpu pusat untuk menampilkan satu kesenian daerah untuk hiburan disertai orasi dari capres cawapres. berikut ini hiburan dan substansi orasi oleh capres cawapres:

1. megawati-prabowo menampilkan kenthongan dan butet kertarejasa

kenthongan sangat tepat jika diambil oleh megawati, karena kenthongan benar-benar khas banyumas dan purbalingga jawa tengah, dan kita semua tahu bahwa basis masa pdi perjuangan adalah di jawa tengah. di jawa tengah hampir sebagian besar kepala daerah berasal dari pdi perjuangan. selain karena berasal dari jawa tengah, kenthongan juga merupakan kesenian rakyat kecil yang biasa dipertontonkan dijalan-jalan kampung dan jalan-jalan raya daerah banyumas dan purbalingga.

untuk butet kertarejasa dia sangat bagus dan memukau apalagi isi puisinya begitu menohok hati sby-boediono. meskipun menurut saya kurang etis karena selama ini imej yang melekat di butet adalah sebagai orang netral yang tidak memihak kepada kepentingan politik pragmatis.

pidato megawati menurut saya standar tidak bagus banget tapi juga tidak jelek banget. sedangkan pidato atau orasi prabowo biasa juga, duma fisik dan penampilan prabowo lumayan memukau alias menyegarkan.

2. sby-boediono menampilkan tari daerah dari sumatera selatan

tarian dari sumatera selatan mungkin sudah biasa, hanya pakaiannya memang terlihat sangat mewah dan megah sehingga tariannya pun terlihat sangat cantik dan menyejukkan mata yang memandang.

untuk orasi dari sby biasa juga tapi tentunya saya tidak bilang jelek karena beliau adalah seorang presiden, sehingga kapasitasnya pasti sudah teruji dan terbukti. orasi boediono standar tapi juga tidak jelek, hanya kurang tegas dan kurang menggigit saja menurut saya.

3. jk-win menampilkan modern dance

sebenarnya ada yang sedikit berbeda dari tim sukses jk-win karena tiba-tiba ditengah imej tari daerah ada modern dance dengan menggunakan baju tim sukse jk-win. gerakan-gerakannya sebenarnya sangat bagus dan memukau tetapi menjadi jatuh dengan pakaiannya yang sangat-sangat sederhana dan biasa-biasa saja.

orasi jk lumayan bagus dan tidak terlalu jelek, sedangkan pidato wiranto bagi saya lumayan mengena dan menyentuh hati. beliau berlogika tentang konsep dalah islam: hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, hari esok harus lebih baik dari pada hari ini, dan merugilah bagi orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemaren atau sama saja dengan hari kemaren.

semuanya pasti tahu bahwa ketiga pasangan capres cawapres mempunyai satu tema masing-masing. megawati-prabowo kental dengan isu ekonomi kerakyatan sebagai penentangan atas ekonomi liberalisme. sby-boediono lebih menekankan pada kemajuan ekonomi dan terbayarnya hutang luar negeri indonesia. jk-win lebih mencoba berbeda lagi, beliau lebih fokus pada produk dalam negeri agar bisa dikonsumsi oleh orang-orang wni.

ada yang lucu saya kira ketika tiba-tiba tim sukses megawati yang berada di sebelah kanan bekerjasama dengan tim jk yang berada disebelah kiri. posisi tim sby berada ditengah-tengah dan terbengong-bengong atas kerjasama dadakan yang dilakukan oleh tim mega dan jk. kerjasama tersebut berbentuk tepuk tangan yang meriah oleh kedua tim ketika mega dan jk maju ke depan. tetapi ketika sby maju ke depan tim mega dan jk duduk dan tidak merespon.

sebenarnya sesuatu yang mungkin biasa dalam dunia politik, tetapi jika diamati terkesan seperti anak kecil yang sedang berantem merebutkan maenannya atau makanan. tapi itulah realitas yang melucukan hati saya, karena ternyata sayapun terjebak dalam dilema salah tempat duduk. saya bingung mau menepuki siapa, karena saya merasa saat itu tidak pengen bertepuk tangan, tetapi karena posisi duduk saya di tim sukses sby maka sayapun ikut bertepuk tangan untuk bapak sby dan saya kira tidak salah juga koq.

apapun masalahnya dan apapun kepentingannya, satu hal yang saya ingat dari acara tersebut dan yang membuat saya hampir menjerit menangis adalah: menyanyikan lagu padamu negeri diulang sampai dua kali. 

padamu negeri kami berjanji...

padamu negeri kami bebakti...

padamu negeri kami mengabdi...

bagimu negeri jiwa raga kami...

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog