Saturday, March 28, 2009

Pengajian Di Desa Rowocacing...

Hari ini tanggal 28 maret 2009, semalam saya nginep di rumah teman saya namanya adi timur wijaya. Saya tidur di kamarnya ira, adek kandung timur. Pagi harinya timur mengisi pengajian dalam rangka maulud nabi muhammad di SD rowocacing kedungwuni pekalongan. Awalnya saya tidak berniat ikut, tetapi karena tertarik dengan ajakan timur, saya memtuskan untuk ikut serta dalam pengajian tersebut.

Ada pak zaenal selaku guru agama sekaligus panitia penyelenggara, dan ada pak budi selaku kepala sekolah SD rowocacing. Saya senang karena disambut sebegitu hangat dan sebegitu ramahnya. Acara dimulai, dan timur sebagai ustadz yang diundang segera memberikan ceramahnya. Ternyata, suasana begitu riuh dan ramai, anak-anak SD yang notabennya masih kecil pada bicara sendiri dan bercanda dengan teman-temannya. Tapi akhirnya saya dan timur mencoba untuk memaklumi dan mengerti bahwa begitulan anak-anak SD.

Tema kali itu berbicara tentang kelahiran nabi muhammad saw, timur memberikan pengantar tentang kelahiran nabi muhammad saw dan anak-anak terlihat sudah sangat hafal. Kemudian dilanjutkan dengan sifat-sifat nabi muhammad yang harus diteladani oleh anak-anak semuanya, termasuk oleh saya sebagai umat islam. Beberapa sifat nabi muhammad tersebut adalah: sidiq, amanah, fatonah, dan tabligh. Saya yakin, semua yang baca pasti sudah tahu artinya dari sifat-sifat tersebut.

Yang ingin saya ceritakan disini adalah, saya baru pertama kali melihat teman saya timur berbicara sebagai seorang ustadz, sebagai orang yang dianggap kyai dan dianggap punya kelebihan ilmu agama dibandingkan saya dan semua yang hadir pada waktu itu. Luat biasa, pelan, santai, dan sangat runtut/urut. Saya banyak belajar dari timur, dalam artian saya sering bicara di depan dan sering mengisi acara trainer/pelatihan, tetapi saya belum pernah mengisi acara dan kemudian saya merasa sebagai ustadzah. Saya tidak pernah merasa bahwa saya mempunyai kelebihan dari audiens, karena saya memang biasa-biasa saja dan tidak punya kelebihan terutama dari segi keagamaan. Saya lebih senang merasa sebagai teman para hadirin, dan hanya mencoba berbagi pengalaman kepada para hadirin yang datang.

Yang kedua, selama ceramah berlangsung, ada satu makhluk yang sering disebut-sebut yaitu syaitan. Mislanya: kalau bohong berarti teman syaitan, kalau tidak amanah berarti juga teman syaitan, kalau suka menganggu orang berarti juga teman syaitan, dan yang jelek-jelek semuanya adalah sifat dan kelakuan syaitan. Secara umum saya sepakat, bahwa orang meyakini bahwa sumber keburukan dan kemaksiatan adalah syaitan. Bahkan yang bisa menjebloskan manusia ke dalam neraka jahanam juga syaitan. Pokoknya segala yang buruk dan yang tidak baik adalah dekat dan identik dengan syaitan.

Saya cuma berfikir, manusia kan punya akal dan hati..?? Kenapa tidak mencoba untuk instropeksi diri sendiri, seberapa usaha kita untuk menjadi orang baik..?? Seberapa kesungguhan kita untuk menjadi orang yang berguna..?? Seberapa kepedulian kita terhadap orang lain yang kesusahan..?? Dan seberapa minat kita untuk memiliki hati dan akal yang bersih jauh dari kepentingan..?? Jangan hanya bisanya menyalahkan syaitan saja, sementara diri kita lalai dan enggan membenahi diri sendiri. Menurut saya, sama saja dengan bahwa kita adalah manusia yang egois.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog