Monday, March 16, 2009

Kata Guru Aku bodoh...

waktu madrasah ibtidaiyah setingkat dengan sekolah dasar, saya tergolong anak yang kata guru saya 'anak yang bodoh dan kurang pinter'. nilai-nilai saya kurang bagus dan pekerjaan rumah saya sering salah. saya juga termasuk anak yang kurang bisa bergaul dengan ramah. selain saya, ada beberapa teman saya yang juga diklaim guru sebagai anak yang bodoh yaitu: suryati, hartanti, budi, dan beberpa anak lainnya. meskipun saya bodoh, saya masih lebih mending dari suryati dan hartanti.

sebenarnya saya tidak suka dikatakan sebagai anak bodoh, karena saya merasa hanya tidak bisa di mata pelajaran matematika saja. sedangkan untuk pelajaran lain saya tidak begitu bodoh, hanya terkadang nilai saya di bawah teman-teman saya yang dikatakan pinter oleh guru saya. oya, karena tidak bisa di matematika, saya sering di hukum di depan kelas oleh guru saya. biasanya saya ditemani oleh suryati, budi, dan hartanti.

sebenarnya sejak kelas empat MI, saya suka dengan cowok namanya dedy, tetapi karena dedy dianggap pinter oleh guru-guru, saya merasa minder untuk mendekati dedy. akhirnya perasaan cinta itu saya pendam sampai SMP. dan sekarang dedy telah mempunyai istri dan hampir mempunyai tiga orang anak.

setelah tamat MI, saya masuk ke SMP negeri 03 yang tidak jauh dari rumah saya. saya satu sekolahan dengan dedy dan juga hartanti. sedangkan suryati dan budi tidak melanjutkan sekolah dan hanya berhenti di MI. meskipun satu sekolahan sama dedy, saya tetap tidak berani menyampaikan cinta saya kepada dedy, karena klaim lekatan pada dedy sebagai anak pinter, ditambah dedy adalah anak orang kaya, sedangkan saya anak orang biasa.

di SMP saya tidak pernah satu kelas dengan dedy dan hartanti, dan saya menemukan teman-teman baru yang tidak satu sekolahan dengan saya ketika MI. di SMP saya mencoba untuk membenahi diri saya, saya mulai semangat belajar dan juga mulai ikut osis dan pramuka. ternyata dari saya ikut osis dan pramuka, saya sedikit berubah baik dalam mata pelajaran maupun dalam keberanian. osis dan pramuka membuat saya merubah pola pikir bahwa hidup harus mulai lebih baik lagi dari hari yang kemaren.

meskipun di rumah, saya tetap dikatakan sangat pendiam dan pemalu oleh keluarga saya. paman saya yang biasa saya panggil 'lek' masih memanggil saya dengan sebutan 'bulus' yang artinya: orang yang tidak mau keluar kamar kecuali untuk urusan sekolah, latihan pramuka, dan maen ke rumah teman. tetapi alhamdulillah, nilai saya drastis naik dibandingkan nilai di MI. di SMP, saya selalu masuk dalam lima besar. dan di SMP saya tidak pernah lagi dikatakan sebagai anak bodoh, bahkan saya mengalahkan nilainya dedy, temanku yang ketika MI dikatakan sebagai anak pinter.

setelah tamat SMP saya melanjutkan ke SMK muhammadiyah 1 weleri, sekolah swasta yang bernafaskan islam. di SMK alhamdulillah saya menjadi lebih baik lagi, nilai saya lebih bagus lagi dibandingkan dari nilai SMP. dan di SMK saya juga mulai menjadi aktivis yang sesungguhnya. saya mulai bergabung di IRM, di Pramuka, di Saka, dan di organisasi kepemudaan di kampung. meskipun saya aktif di organisasi, nilai saya tidak menurun dan bahkan mengalami kenaikan yang lumayan. itulah sebabnya saya bisa kuliah di perguruan tinggi negeri lewat jalur PMDK (jalur masuk PTN menggunakan nilai raport dari kelas satu sampai kelas tiga).

kawan, saya hanya ingin bilang, bahwa hati-hati mengklaim murid dengan kata-kata nakal atau bodoh. bagi anak yang berfikir bagus dia semakin tertantang untuk menjadi lebih baik, dan tentu itu sangat menguntungkan si anak. tetapi bagi anak yang berfikiran cekak dia akan semakin percaya bahwa dirinya adalah anak bodoh dan nakal, sehingga dirinya merasa tidak perlu lagi belajar dengan giat, toh tetap saja akan dikatakan bodoh dan nakal. oleh karena itu, kita sebagai pendidik/guru, harus pandai-pandai memuji murid kita sebagai anak yang baik dan sebagai anak yang pinter, sehingga si anak akan benar-benar menjadi anak yang baik dan cerdas, amien.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog