Monday, March 02, 2009

Guru Yang Tidak Gila Hormat...

Saya mengajar mahasiswa di sekolah tinggi agama islam bina madani, saya mengajar mahasiswa transfer yang pernah kuliah D3 dan sekarang tengah melanjutkan program S1. Saat itu, mahasiswa saya sedang presentasi makalah tentang: kekerasan guru terhadap siswa di sekolah, menjadi guru yang baik dan disenangi, dan kisah tentang anak petani yang pengen menjadi orang hebat di kemudian hari.

Ada beberapa kesimpulan dari diskusi mahasiswa saya, diantaranya:
1. mereka sepakat untuk menjadi guru yang baik bagi murid-muridnya
2. mereka sepakat bahwa ketika murid nakal, guru juga harus mengerti latar belakang kenapa murid tersebut nakal
3. mereka sepakat untuk tidak malu meminta maaf kepada murid, tersenyum, menengok muridnya yang sakit, dan berani mengakui kesalahan jika memang bersalah
4. mereka juga sepakat, bahwa murid dan guru adalah patner yang harus saling mendukung satu sama lainnya

Saya terharu dengan diskusi mahasiswa saya, saya terharu karena mereka sepakat untuk menjadi guru yang baik, yaitu:
1. guru yang tidak mengklaim muridnya
2. guru yang bisa menjadi tempat curhat
3. guru yang bisa ngertiin muridnya
4. guru yang menganggap muridnya adalah teman
5. guru yang tidak akan menggunakan kekerasan fisik ketika menghukum
6. guru yang tidak gila akan hormat

Saya sangat tertarik dengan bahasa yang terakhir, guru yang tidak gila hormat. Artinya bahwa sebagai guru, tidak sepantasnya gila hormat oleh muridnya. Karena pada hakikatnya, murid juga ingin dihargai dan dihormati oleh guru. Sehingga menurut hemat saya, ketika guru memang layak untuk dihormati, maka dia tidak perlu mencari kehormatan dengan segala cara, misalnya sampai mengkambinghitamkan murid dalam rangka mendapatkan penghormatan dari murid. Saya kira kita semua sepakat, bahwa kita akan dihormati jika kita juga mampu menghormati orang lain. Itu artinya bahwa, murid pasti akan menghormati kita, jika kita memang layak untuk dihormati. Selamat mencoba: menjadi guru yang tidak gila hormat.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog