Monday, March 16, 2009

Kata Orang Dia Gila...

Saya tengah duduk di masjid menteng raya nomor 62, saya bersama dengan mba abidah, mba ulfah, mba erni, mba islam, dan teh herni. Saat itu kita sedang makan nasi kotak dan kemudian sedikit berbincang tentang beberapa hal. Tiba-tiba kita dikagetkan oleh bapak tua yang berdiri tidak jauh dari kita duduk. Bapak tersebut awalnya menanyakan keberadaan saya dan teman-teman saya kenapa berada di jakarta, tentang asal daerah, dan dia tanya malam itu kita mau menginap dimana??

Awalnya saya dan teman-teman respon dan menjawab dengan serius, seserius ketika kita ditanya oleh orang dijalan. Lama kelamaan, si bapak menanyakan beberapa hal yang telah ditanyakan sebelumnya, dan si bapak juga sudah mulai mengoceh dan hampir tidak berhenti. Saya dan mba ulfah mulai curiga dan tertawa, bahkan di otak kejam saya, saya sempat mengklaim bahwa bapak tesebut adalah orang gila atau orang yang kurang waras.

Hanya mba islam yang saya lihat masih sabar melayani dengan menjawab semua pertanyaan bapak tersebut. Sedangkan saya dan teman-teman lainnya menjawab sekedarnya dan bahkan tertawa terpingkal-pingkal, seolah-olah saya sedang mentertawakan ketidakwarasan si bapak tersebut.

Kawan, saya sebenarnya tidak ingin mengklaim dan menganggap orang kurang, baik kepada orang yang dianggap gila maupun orang yang tubuhnya cacat. Saya ingin bisa menghargai mereka, seperti saya menghargai diri saya sendiri. Saya ingin sekali tidak kaget ketika melihat orang cacat yang sedang berjalan. Saya juga tidak ingin takut dan menghindar ketika ada orang gila di dekat kita. Karena sesungguhnya, tidak ada manusia yang menginginkan dilahirkan dalam keadaan cacat atau gila. Semua manusia ingin menjadi yang terbaik dan semua manusia ingin menjadi sangat sempurna. Sehingga orang-orang disekitarnya tidak perlu mencela kekurangannya. Semoga kita bisa menjadi orang bijak yang menghargai apapun dan seperti apapun keadaan orang.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog