Saturday, March 07, 2009

Masih Tentang Cinta...

sampai sekarang, saya tidak pernah tahu definisi tentang cinta. bahkan saya juga tidak begitu paham tentang makna cinta. benarkah ada cinta yang sejati? atau juga benarkah ada cinta yang buta? atau benarkah juga ada cinta yang sehidup dan semati? sepertinya terlalu berlebihan jika kita memaknai cinta sedemikian hingga. seolah-olah cinta adalah segala-galanya dan segala-galanya adalah cinta.

ada sebuah cerita tentang percintaan anak sma, berikut ceritanya:
siti adalah anak sma kelas 10, dia sekolah di sma swasta milik yayasan islam. otomatis karena sekolah islam, siti harus mengenakkan jilbab. sebenarnya, siti tidak suka menggunakan jilbab, tapi karena di sekolah di wajibkan, maka siti mau tidak mau harus mengikutinya. ceritanya, siti tertarik dengan teman lelaki sekelasnya, namanya yanto. proses perkenalan dan pendekatan berlangsung kurang lebih satu bulan, dan dalam proses tersebut siti dibantu oleh teman-temannya. akhirnya siti dan yanto berpacaran dan membuat komitmen untuk saling mencintai satu sama lainnya.

siti bukan tidak pernah pacaran, sewaktu duduk di bangku smp, siti sudah dua kali ganti pacar. tapi, meski sudah pernah pacaran, siti tetap malu dan canggung dengan pacarnya yanto. pacaran siti dan yanto tidak neko-neko, mereka hanya ketemu di sekolah dan sesekali yanto maen ke rumah siti. siti juga sesekali maen ke rumah yanto.

setelah pacaran sekitar dua bulan, yanto meminta kepada siti untuk berpisah alias putus. siti sangat kaget dan hampir tidak percaya, bahwa yanto yang dicintainya memutuskan hubungannya. karena panik, siti minta tolong kepada suci temannya untuk mengantarnya menemui yanto di rumahnya. akhirnya, siti dan suci pergi ke rumah yanto. dan setelah bertemu, yanto meminta maaf karena tidak bisa melanjutkan hubungannya dengan siti. siti tidak terima dan masih ingin berhubungan dengan yanto. tapi rupanya, yanto sudah kekeh dengan keputusannya.

sampai di rumah, siti tidak nafsu makan, dan siti menangis di dalam kamar. siti membingungkan orang tuanya, dan orang tua siti sampai menggedor-gedor pintu kamar siti. meskipun sudah di gedor-gedor, siti tetap tidak mau keluar kamar. akhirnya karena bosan, orang tua siti membiarkan siti sendirian di kamar. semalaman siti menangis di dalam kamar dan tidak keluar sama sekali. dan parahnya lagi, besoknya siti tidak masuk sekolah.

lusanya, siti kembali masuk sekolah, dan otomatis siti ketemu dengan yanto. yanto berulang kali meminta maaf kepada siti, tapi siti tidak mau, dan siti masih berharap untuk bisa bersatu kembali dengan yanto. tapi, meski siti memohon, yanto tetap tidak bisa melanjutkan hubungan dengan siti. alasannya: yanto tidak percaya diri karena siti anak orang kaya, dan yang kedua yanto tidak cocok dengan siti. bagi yanto, siti terlalu keras kepala dan mau menang sendiri.

hari itu sedang pelajaran olah raga, tiba-tiba siti pergi ke warung membeli obat sakit kepala dua butir dan di minum dengan sprite. karena tubuh siti tidak kuat, dan karena obat tidak boleh diminum dengan sprite, siti langsung pingsan dan terkapar. guru-guru dan teman-teman siti kaget dan langsung membawa siti ke uks. siti baru sadar setelah satu jam kemudian. siti masih tertolong, dan siti tidak mengaku saat ditanya gurunya. tapi rupanya yanto tahu, dan akhirnya siti mengaku kepada yanto, bahwa dirinya telah hendak melakukan bunuh diri. yanto kaget dan yanto menasehati siti agar tidak gegabah. kata yanto, hidup itu cuma sekali dan hidup itu terlalu indah jika diakhiri dengan bunuh diri.

tiga bulan kemudian, siti kenal dengan cowok beda sekolah, sebut saja namanya didik. didik saat itu sudah duduk di bangku kelas 12 sma. dan kebetulan juga, didik beragama kristen. didik dan siti melakukan pendekatan sekitar satu bulan, dan akhirnya mereka jadian. karena beda sekolah, didik dan siti tidak bisa tiap hari ketemu. tapi, didik sering menunggu siti di terminal. dan mereka kerap pulang bareng, karena kebetulan angkutan yang mereka naikki searah.

selama pacaran, siti banyak tahu tentang hal-hal yang baru seperti ciuman dan pegangan tangan. awalnya, siti sangat tabu dan tidak pernah melakukan hal itu. tapi setelah pacaran dengan didik, siti sudah biasa berpegangan tangan, meski untuk ciuman, hanya sesekali saja, itupun didik yang nyerobot.

pacaran mereka hanya berlangsung sekitar tiga bulan, siti meminta putus dan didik juga setuju. mereka putus karena alasan ketidakcocokan dan karena alasan kesibukan didik yang sudah kelas 12. meski sudah putus, mereka masih berteman, dan sesekali masih bertemu. siti tidak membenci didik, dan didik juga tidak membenci siti. beda dengan yanto, siti sangat membenci yanto, karena telah memutuskan hubungan dengannya.

saat itu siti telah duduk di bangku kelas 11 sma. dan siti kini telah sibuk di organisasi intra sekolah dan ekstra sekolah. siti aktif di osis dan di pramuka. kegiatan siti sangat padat dan terkadang membuat siti lupa akan pentingnya pacaran. tetapi tiba-tiba, di sela kesibukannya, siti suka dengan adek kelasnya, namanya wawan. karena siti merasa lebih tua dari wawan, maka sitilah yang melakukan pendekatan secara agresif dengan wawan. ternyata tidak semudah yang dibayangkan, karena ternyata wawan adalah anak yang sangat pemalu. dan siti sering dibuat kebingungan oleh tingkah wawan yang masih seperti anak kecil.

di saat yang sama, siti di taksir oleh anak stm namanya slamet. siti sebenarnya sudah kenal slamet sejak kelas 10 sma, tapi siti tidak tahu kalau slamet ternyata suka dengannya sejak kelas 10 sma. dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari teman-temannya, siti meninggalkan wawan dan pacaran dengan slamet. siti sering ketemu slamet karena kebetulan siti dan slamet berada di organisasi ekstra sekolah yang sama yaitu pramuka. slamet sangat baik dan alim, dia sangat sayang dan cinta sama siti. bahkan, slamet sudah mengenalkan siti kepada keluarganya.

karena slamet orang baik, slamet berpacaran dengan cara baik juga. slamet tidak pernah menyentuh siti. mereka berpacaran dengan cara baik-baik. sesekali mereka bertemu di organisasi, dan sesekali mereka berdua jalan-jalan melepas lelah dengan menggunakan motor punya slamet. pernah suatu ketika, saat dibonceng oleh slamet, siti terjatuh dari motor, dan slamet sangat kaget dan panik. tapi untungnya siti tidak apa-apa dan juga tidak terluka parah hanya lecet-lecet saja.

saat masih berpacaran dengan slamet, siti kenal dekat dengan cowok namanya yadi. yadi juga anak stm tetapi tidak satu sekolah dengan slamet. yadi anak yang baik dan pinter, dan siti simpatik dengan yadi, karena ternyata yadi berasal dari keluarga yang tidak mampu. yadi ternyata suka dengan siti dan yadi menyatakan cintanya kepada siti. saat itu yadi tidak tahu kalau siti sudah punya pacar slamet, dan sebenarnya yadi juga kenal slamet. siti juga ternyata tertarik dengan yadi, dan akhirnya tanpa memutuskan slamet, siti menerima cinta yadi, dan siti jadian sama yadi.

siti tetap aktif di osis dan pramuka, dia juga tidak pernah ketinggalan pelajaran di sekolah. selain itu, siti juga dekat dengan guru-guru di sekolahnya. siti juga mempunyai banyak teman dekat di sekolah baik perempuan maupun laki-laki. jadi secara umum, siti tidak mempunyai masalah, kecuali hanya masalah mempunyai dua orang pacar. siti sebenarnya merasa bersalah dengan yadi dan slamet, tapi selama mendua, yadi dan slamet tidak pernah tahu, bahwa dirinya diduakan oleh siti.

setelah berjalan sekian waktu, siti merasa sangat berdosa dengan slamet dan yadi. dan karena merasa sangat berdosa, siti memutuskan keduanya. untuk yadi, karena dia sangat pendiam, yadi tidak berontak dan pasrah menerima keputusan siti. tetapi tidak dengan slamet, slamet sangat terpukul dan tidak bisa menerima keputusan siti. bahkan slamet sampai sakit dan tidak masuk sekolah beberapa hari. slamet juga gigih mendatangi rumah siti, berharap siti mau menerimanya kembali. karena sudah merasa berbohong sekian lama, siti kekeh pada pendiriannya untuk adil terhadap keduanya. dan siti menegaskan kepada slamet, bahwa dirinya tidak mau berpacaran lagi. akhirnya siti sendiri alias jomblo, yadi dan slamet tidak pernah tahu bahwa dirinya diduakan oleh siti.

saat jombo, siti kenal dengan anak stm adek kelasnya slamet, namanya dharma. siti mulai dekat dengan dharma, dan dharmapun dekat dengan siti. mereka juga bareng di organisasi, kali ini bukan ekstra tetapi organisasi intra sekolah. meskipun intra, mereka tetap sering ketemu dalam pertemuan-pertemuan organisasi di luar sekolah. dharma sempat hampir jadian dengan siti, sampai akhirnya dharma tahu bahwa siti pernah pacaran dengan slamet. dan dharma juga tahu, bahwa slamet masih mencintai siti. karena alasan itu, dharma tidak bisa jadian dengan siti, dan dharma menjelaskan hal itu kepada siti.

sebenarnya siti bisa mengerti, karena bagaimanapun dharma adalah adek kelasnya slamet. tetapi kali ini siti benar-benar jatuh cinta dengan dharma. dan siti berharap bisa menjadi pacar dharma. akhirnya slamet tahu, kalau siti sedang melakukan pendekatan dengan dharma. slamet langsung mendatangi dharma, dan memintanya untuk menjauhi siti. karena takut dengan slamet, dharma akhirnya menjauhi siti dan hanya menganggap siti sebagai kakaknya saja.

setelah jauh dengan dharma, siti kembali dekat dengan cowok namanya ari. ari adalah teman slamet satu angkatan tapi tidak satu kelas. ari juga merespon siti, tetapi karena tidak enak sama slamet, ari sebisa mungkin menjauh dari siti ketika ada slamet. di luar sekolah, siti dan ari melakukan pendekatan, bahkan ari telah maen ke rumah siti. tetapi tiba-tiba, ada satu cewek namanya iin yang juga suka sama ari. iin adalah anak sma negeri yang katanya telah mencintai ari dari kelas 10 sma. iin sangat agresif dengan ari, bahkan di depan sitipun, iin menunjukkan bahwa dirinya akan berusaha untuk mendapatkan cinta ari.

ari adalah anak baik dan juga alim, dia terkesan tidak mau menyakiti perempuan. dan karena alasan itulah, ari akhirnya menjauhi iin dan juga siti. selain juga, ari tidak enak dengan slamet yang ternyata masih mencintai siti. akhirnya, siti bisa mengerti keputusan ari, dan siti hanya berteman dengan ari. meskipun sesungguhnya, siti masih suka dengan ari.

kisah cinta siti demikian rumit dan unik, dari stress karena diputus cinta oleh yanto, menjadi perempuan yang brutal dengan cinta. bahkan siti berpacaran dengan banyak laki-laki seolah-olah tanpa dosa. kita tidak pernah tahu, kenapa siti berbuat seperti itu? apakah karena siti dendam dengan yanto? ataukah karena siti punya alasan yang lain seperti: siti mudah jatuh cinta dengan laki-laki? masih ada cerita berikutnya, kita simak lagi ya?

sejenak kisah cinta siti terhenti, kala itu siti duduk di bangku kelas 12 sma. siti sudah mulai membenahi dirinya dan sudah mulai menyiapkan diri untuk ujian kelulusan. ternyata, ditengah kesibukannya menyiapkan ujian akhir, siti kenal dengan cowok namanya budi. mereka berkenalan lewat organisai ekstra, saat itu mereka bertemu di musyawarah tingkat provinsi. budi juga duduk di bangku kelas 12 sma. karena sedang kosong, dan juga karena suka, siti memutuskan untuk berpacaran dengan budi. karena rumah budi beda kabupaten dengan siti, maka mereka berpacaran lewat surat, dan sesekali budi menyempatkan ke rumah siti meskipun sangat jauh.

budi dan siti berpacaran hampir setahun, saat itu siti dan budi telah sama-sama menempuh ujian akhir sekolah. dan mereka sama-sama diterima diperguruan tinggi negeri, meski tidak satu universitas. saat itu, ada acara musyawarah tingkat nasional di jakarta. dan karena telah ujian akhir, siti dan budi menerima tawaran untuk menjadi peserta dalam acara tersebut. siti dan budi ketemu di jakarta selama satu minggu, dan bahkan saat pulang ke jawa tengah, mereka menggunakan bus yang sama.

dari situlah, hubungan siti dan budi berakhir. karena duduk bersebelahan, budi menggenggam tangan siti tanpa seijin siti. siti tidak terima, karena semenjak putus dengan didik, siti sudah berjanji untuk tidak berpegangan tangan dengan pacarnya kelak jika dirinya punya pacar lagi. karena marah, siti langsung memutuskan budi saat itu juga. dan karena merasa sangat bersalah, budi langsung meminta maaf kepada siti. tapi rupanya, siti sudah sangat marah dan tidak bisa lagi memaafkan budi. dan dengan terpaksa, budipun menerima keputusan siti untuk berpisah. meskipun setelah itu, budi masih berusaha untuk bisa kembali dengan siti. tetapi keputusan siti sudah kekeh, dan dirinya berjanji untuk tidka akan pernah kembali lagi dengan budi.

masa sma siti telah berakhir, dan kini siti telah masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur pmdk. masa-masa sma siti tidak akan pernah siti lupakan, dan akan dijadikannya kenang-kenangan seumur hidupnya. siti berusaha untuk selalu menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya. dan siti berjanji pada dirinya sendiri, untuk tidak lagi mempermainkan perasaan laki-laki, karena siti tahu bahwa diputuskan cinta itu sangat sakit. karena di awal pacarannya dengan yanto, siti pernah merasakan sakitnya diputus cinta.

sekian dan terima kasih, masih akan ada lagi kisah cinta siti saat di bangku kuliah. kita tunggu kisah berikutnya ya...???

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog