Tuesday, September 01, 2009

Oleh-Oleh...

Waktu kos dulu di semarang, saya termasuk anak kos yang sering bepergian keluar kota untuk tugas dari organisasi ikatan remaja muhammadiya jawa tengah. Seperti yang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya, setiap ada yang mau pergi jauh pasti dititipin oleh-oleh. Dan saya termasuk orang yang jarang banget membawa oleh-oleh setelah bepergian jauh. Selain karena alasan males saya juga memang waktu itu uangnya sangat mepet. Gimana tidak mepet, ongkos pulang pergi saja ditanggung oleh organisasi yang memberangkatkan saya.

Sampai sekarang meskipun saya sudah bekerja dan punya penghasilan, saya tetap males membawa oleh-oleh untuk teman saya. Saya rasa bukan karena uang lagi tetapi lebih karena saya males membawa oleh-olehnya yang menurut saya merepotkan. Dan saya menganggap bahwa oleh-oleh itu tidak wajib alias sukarela. Sama dengan ketika kita nyumbang ke pengantin, menurut saya lebih wajib datangnya dari pada nyumbangnya (memberi kado/amplop).

Saya sebenarnya agak risih dengan tradisi oleh-oleh yang akhirnya terkesan dipaksakan oleh orang-orang yang tidak punya sampai mengadakan. Bagi yang berada sebenarnya tidak menjadi masalah dan sah-sah saja, asal jangan sampai hutang hanya untuk membeli oleh-oleh. Meskipun sebenarnya tradisi oleh-oleh juga banyak kebaikannya, karena oleh-oleh bisa menyambung silaturahmi dan bisa sebagai sarana untuk berbagi rejeki jika memang kita sedang berlebihan.

Sama halnya dengan acara ulang tahun yang seringnya orang memaksakan untuk mengadakan, padahal dirinya tidak punya cukup uang. Ini mungkin yang agak kurang tepat dan harus dikoreksi bersama-sama, bahwa orang tidak perlu memaksakan diri menyenangkan orang lain ketika dirinya juga menderita. Apalagi menyenangkan dalam rangkan mendapatkan prestise atau penghargaan tertentu, semoga kita tidak termasuk yang demikian, amien.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog