Thursday, September 10, 2009

Organisasi Berbeda Dengan Kantoran...

Ketua organisasi pasti berbeda dengan jabatan pimpinan di kantor atau perusahaan. Secara kasat mata orang sudah tahu bahwa di organisasi tidak di bayar sedangkan di kantor atau perusahaan orang kerja secara profesional dan mendapatkan gaji. Statemen ini bukan berarti mengatakan bahwa kerja di organisasi tidak profesional. Karena menurut saya di organisasi juga sangat profesional, karena organisasi juga mempunyai aturan-aturan kebijakan yang jelas dan taat hukum yang berlaku.

Dunia kerja menuntut loyalitas dan profesionalisme kaku, sedangkan di organisasi menuntuk loyalitas dan komitmen secara tulus ikhlas. Di dunia kerja orang tidak boleh main-main dan seenaknya sendiri, sedangkan di organisasi orang bisa seenaknya sendiri selama bertanggung jawab atas tugasnya di organisasi.

Makanya saya sepakat dengan pernyataan: menjadi ketua umum organisasi bisa jauh lebih berat dibandingkan menjadi direktur atau pimpinan dalam sebuah perusahaan. Di organisasi ketua belum tentu mampu mengkoordinir anggotanya untuk satu jalan dan satu tujuan, karena di organisasi ego masing-masing anggota dibiarkan liar sesuai dengan kapasitasnya. Berbeda dengan di perusahaan atau kantor, ego para karyawan dipaksa untuk selaras dan sama atas nama kepentingan perusahaan atau kantor.

Sehingga wajar ketika kita menyaksikan akan ada banyak konflik di organisasi dibandingkan konflik yang ada di kantor atau perusahaan. Bagaimanapun di kantor adalah tempat dimana orang mengejar karir dan jabatan, yang semua itu dihargai dengan imbalan gaji. Sedangkan di organisasi orang hanya mengejar prestise atau nama secara sosial masyarakat, dan sama sekali tidak ada imbalan atau gaji. Oleh karenanya iklim di organisasi pastilah berbeda dengan iklim dikantor, sehingga kurang bijak jika ada orang-orang kantoran yang kebetulan aktivis memposisikan organisasi layaknya dirinya berada di kantor.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog