Thursday, September 10, 2009

Suap...

Ada sebuah cerita tentang dosen dan mahasiswa yang sedang melakukan bimbingan skripsi, dosen tersebut membimbing ke empat mahasiswanya secara sekaligus, hal ini dilakukan karena si dosen jarang ada waktu luang dan si dosen pengen mahasiswanya bisa saling membantu dalam menyelesaikan skripsi, tentunya saling membantu dalam kebaikan dan kemanfaatan.

Mahasiswa bimbingan sangat agresif dan semangat, mereka benar-benar ingin bisa cepat lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Si dosen tidak bermaksud mempersulit sang mahasiswa, sang dosen hanya ingin skripsi mahasiswanya berkualitas alias tidak sembarangan. Akhirnya atas nama idealisme sang dosen, mahasiswa dibimbing satu-satu dengan sangat teliti sampai mahasiswa paham akan kekurangan dan kesalahannya.

Bimbingan berlangsung selama hampir tiga jam, dan setelah selesai sang dosen berpamitan untuk pulang karena masih ada urusan yang harus diselesaikan. Tiba-tiba salah satu mahasiswa mengejar sang dosen dan hendak memberikan amplop kepada sang dosen, kontan sang dosen kaget dan menolak amplop tersebut. Tetapi dengan tak gentar sang mahasiswa tetap mengejar dosen dan memaksa memasukkan amplop tersebut ke dalam tas ransel dosen. Dosen ngotot tidak mau dan memberikan kembali amplop tersebut, sang mahasiswa juga tak lelah berusaha dengan menyelipkan amplop tersebut di kantong kecil tas ransel sang dosen. Karena lelah dan tidak mau berdebat, sang dosen akhirnya membiarkan dan berkata: "besok-besok jangan diulangai lagi ya pak dan bu?"

Sang dosen menghela napas dan berfikir tentang: kenapa ya orang Indonesia tidak pernah bisa tegas terhadap hal-hal yang tidak benar sekalipun. Bukan persoalan butuh uang tetapi lebih pada persoalan bahwa sang dosen tidak cukup punya nyali untuk menyakiti hati mahasiswanya yang telah menyiapkan uang transportasi untuk dirinya. Bukan apa-apa karena jumlah uangnyapun tidak banyak dan tidak terlalu dibutuhkan oleh sang dosen. Akhirnya dosen tersebut berfikir untuk suatu saat akan mengembalikan uang tersebut dan akan bilang bahwa membimbing skripsi adalah tugas dan kewajibannya sebagai seorang dosen, sehingga mahasiswa tidak perlu repot-repot memberikan uang transport buatnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog