Thursday, September 10, 2009

RESUME MATA KULIAH FILSAFAT ILMU LANJUTAN Tanggal, 03 September

Pengertian filsafat ilmu?
Filsafat ilmu pengetahuan adalah suatu bidang studi filsafat yang obyek materinya berupa ilmu pengetahuan dalam berbagai jenis, bentuk, dan sifatnya. Jadi filsafat ilmu pengetahuan meliputi pluralitas ilmu pengetahuan sedangkan obyek formalnya berupa hakikat ilmu pengetahuan.

Mengapa manusia berfilsafat?
Agama dengan keimanan dan ketaqwaannya tidak menahan manusia menggunakan akal budi dan fikirannya untuk mencari tahu apa sebenarnya yang ada dibalik segala kenyataan (realitas) hidup. Proses mencari tahu itu menghasilkan sebuah kesadaran, yang disebut pengetahuan. Jika proses itu memiliki ciri-ciri metodis, sistematis dan koheren, dan cara mendapatkannya dapat dipertanggung-jawabkan, maka lahirlah ilmu pengetahuan.

Bagaimana manusia berfilsafat?
Manusia berfilsafat dengan menggunakan akal pikirannya, dan akal pikiran itu digunakannya untuk mencari suatu kebenaran yang ilmiah serta dapat dipertanggung jawabkan. Metode memperoleh pengetahuan dan menentukan sifat kebenaran pengetahuan yaitu:
1. Metode empirik (empirism)
2. Metode rasional (rasionalism)
3. Metode fenomenologi (fenomenologism)
4. Medote ilmia (menggabungkan metode empiris dan rasional)

Ada beberapa era kehidupan:
1. Agraris
Masyarakat agraris adalah masyarakat pedesaan yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.
2. Industri
Efisiensi dan efektivitas pada era industri sangat tepat guna dan cepat berkembangnya.
3. Respiritualisasi
Upaya peningkatan nilai-nilai kemanusiaan semakin terlihat dengan jelas, sehingga manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik. Manusia bahagia tidak selalu dengan harta benda, tetapi dengan kesenangan hati dan jiwa. Spiritualitas tidak harus berhubungan dengan agama yang ada, tetapi lebih dari itu spiritualitas adalah nilai-nilai kemanusiaan (humanisme).

Assesmen yang berstandar mutlak yaitu:
1. The learning (pembelajaran)
Pembelajaran yang dikembangkan di sekolah harus mulai dikembangkan dan tidak boleh hanya standar-standar saja. Seperti kasus UAN, buat apa dilaksanakan jika tidak banyak memberikan nilai positif bagi para peserta UAN.
2. The learner (yang belajar)
Siswa yang belajar juga harus peduli dan serius dalam menerima pelajaran dari guru.

Standar pendidikan di Indonesia
Seharusnya dan semestinya standar yang menyesuaikan dengan manusia, bukan manusia yang menyesuaikan dengan standar. Adapun standar pendidikan yang seharusnya menurut Peter Watson yaitu:
1. Memiliki equity (hak)
2. Memiliki equality (kesetaraan)
3. Memiliki eficiency

Potensi dalam diri manusia
1. Baik (positif)
Potensi yang mendorong manusia untuk berbuat banyak bagi orang lain, sehingga keberadaannya di dunia tidak terasa sia-sia.
2. Tidak baik (negatif)
Penghalalan segala cara dalam mencapai tujuan yang diinginkan, tidak peduli apakah cara itu layak ditempuh atau tidak layak untuk digunakan.

Pilihan dalam hidup manusia
1. Melawan arus
2. Ikut arus
3. Hidup bersama arus

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog