Monday, August 24, 2009

Perjalanan Ke Lampung...

saat menuju ke lampung saya sengaja ngeteng karena memang kehabisan tiket damri. lagipula saya pengen sekali bisa ngeteng, karena ketika ngeteng saya yakin akan menemukan banyak hikmah dan pengalaman. saya naik bus dari terminal bekasi jurusan merak, sampai di serang saya duduk sendiri dan tidak berteman. tiba-tiba ada cewek namanya silfie yang duduk di sebelah saya, karena senang saya segera mempersilahkan dia untuk duduk.

saya banyak bercerita ke silfi tentang aktivitas dia, dan ternyata dia seorang mahasiswa. dia senang sepertinya kenal dengan saya, karena saya kebetulan dosen, kata silfi saya dosen yang baik padahal dia baru kenal saya. bagi saya itu suatu penghargaan yang tidak ternilai, karena terkadang kita sendiri sangat susah untuk langsung percaya sama orang yang baru kita kenal. apalagi langsung mengklaim bahwa orang itu adalah orang baik. yang ada kita sering berburuk sangka sama orang yang baru kita kenal.

sampai di merak saya bilang ke silfi bahwa saya lapar dan hendak makan terlebih dahulu, akhirnya dia memutuskan menemani saya makan nasi goreng di pinggir pantai sebelum masuk pelabuhan merak. saya mengamati silfi makan dan sepertinya dia juga lapar seperti saya. sayang sekali, saya tidak bisa menghabiskan makanan tersebut karena perut saya sedang tidak enak. sehingga saya memutuskan untuk tidak menghabiskan nasi gorengnya.

selesai makan saya dan silfi langsung menuju ke pelabuhan, dan ternyata jaran dari kita makan lumayan jauh sekitar 500m. tapi karena kita jalan berdua maka perjalanan lumayan jauh tersebut sangat tidak terasa. sesampai di loket saya membeli tiket dua untuk saya dan silfi dan segera saya menuju kapal yang sedang disandarkan. saya masuk kapal dan langsung mencari kelas yang eksekutif. meski eksekutif sangatlah murah, karena saya hanya menambah 6.000 dari harga karcis yang 11.000.

didalam ruang itu tiba-tiba saya kebelet pipis dan menitipkan tas saya ke silfi. sampai toilet tiba-tiba saya khawatir sama silfi, karena semua barang berharga saya ada di dalam tas tersebut. buru-buru saya menyelesaikan pipis saya dan langsung menghambur ke ruangan eksekutif tersebut. saya melihat silfi sedang smsan dan melihat wajah sendunya saya langsung merasa bersalah karena telah berburuk sangka sama silfi. mohon maaf, saya tidak bermaksud berburuk sangka tetapi memang realitasnya kan seperti itu. hampir banyak orang yang sudah tidak dapat dipercaya, apalagi klaim terhadap orang yang baru kita kenal.

tiba-tiba perut saya mual serasa mau muntah, kepala saya juga pusing tujuh keliling. saya ijin ke silfi untuk tiduran, dan akhirnya saya benar-benar tertidur dengan pulas serasa di kasur yang empuk. tiba-tiba saya dibangunkan oleh silfi karena kapal sudah merapat ke bakahuni. saya kaget dan langsung terbangun, karena masih pusing saya mendiamkan diri dulu kemudian siap-siap untuk berdiri. agak lama kapal merapat, saya mencoba mengamati dengan seksama apa yang sedang terjadi, dan akhinya kapal merapat juga. saya turun bersama dengan silfi dan ternyata lagi-lagi jalan menuju travel teramat jauh, hampir 500 m juga. tiba di bawah banyak calo-calo travel dan bus yang memperebutkan penumpang yang baru turun dari kapal. saya sangat pusing mendengar ocehan mereka. sampai saya berteriak: "saya pusing, tolong biarkan saya lewat." orang-orang hanya melihat saya dan membiarkan saya lewat.

saya mengajak silfi untuk naik travel tetapi silfi memutuskan untuk naik bus. saya pikir kita akan berpisah dan mencari kendaraan sendiri-sendiri, ternyata dia mengantarkan saya ke travel dan menunggu saya sampai naik ke mobil. karena terharu saya meminta nomor hpnya, saya terharu karena dia lebih muda juah dengan saya tetapi sikapnya sungguh dewasa. atau mungkin karena dia merasa orang lampung kali ya? sedangkan saya bukan orang lampung dan dia anggap masih tidak banyak tahu tentang situasi bakahuni. tapi apapun alasannya, saya berterima kasih sama silfi karena telah menjadi teman saya selama dalam perjalanan ke lampung. sampai ketemau silfi dan jadilah mahasiswa yang baik.