Saturday, August 29, 2009

Kadang Kita Toleran Sama Kesalahan....

Pagi hari ketika hendak berangkat ke sekolah, saya melewati gang kecil yang bisa tembus ke sekolah, gang kecil itu bisa menghubungkan ke sekolah dengan lebih cepat dari pada harus lewat jalan yang besar. Pagi itu saya agak terburu-buru karena jam sudah menunjukkan pukul 06.25, sementara bel masuk dibunyikan sekitar pukul 06.30. Saya agak sebel ketika melihat motor di depan saya persis knalpotnya sangat bising dan asap mengepul ke muka saya. Saya marah dan hampir berteriak untuk menegur pengendara tersebut, ternyata pengendara tersebut adalah teman saya. Tiba-tiba kemarahan saya hilang dan saya malah menyapa teman saya tersebut dengan senyuman. Saya menjadi sangat toleran dan kehabisan kata-kata untuk sekedar mengingatkan teman saya tersebut.

Ketika kumpul sama teman-teman, banyak dari teman saya yang merokok, bahkan merokok sangat aktif. Saya sebenarnya sangat terganggu dengan kegiatan merokok teman-teman saya tersebut, bahkan tidak jarang saya terbatuk-batuk karena asap rokok yang ditimbulkan oleh teman saya itu. Saya sebenarnya protes dan tidak terima, dan jika yang merokok itu adalah orang yang saya tidak kenal pasti saya akan sangat marah dan memakinya. Tetapi ternyata lagi-lagi saya sangat toleran dengan teman-teman saya tersebut. Saya tidak tahu kenapa saya bisa berbuat sedemikian rupa, seolah saya sangat bijaksana dengan membiarkan teman saya tetap merokok padahal saya sangat terganggu.

Ada dua orang teman sebut saja indah dan ely, indah termasuk anak yang agak bebas dan hampir tidak punya aturan, sementara ely adalah anak yang pendiam dan baik. Seringkali indah curhat sama ely tentang masalah-masalahnya, masalah yang menurut ely agak aneh dan sebenarnya merupakan kesalahan jika masyarakat yang mengklaim. Tetapi seberapapun salahnya indah, ely tidak pernah mengkritik ataupun mengingatkan indah karena alasan ely sayang sama indah. Padahal definisi sayang menurut saya adalah tidak membiarkan teman-teman atau saudaranya terjebak dalam kesalahan dan kekeliruan permanen.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog