Wednesday, August 12, 2009

Penangkapan Teroris...

mendengar kata teroris seakan sangat menakutkan dan sangat mengerikan. semua orang akhirnya sepakat bahwa teroris adalah manusia-manusia yang sungguh tidak bertanggung jawab dan hampir tidak memiliki hati. saya mengatakan hampir tidak punya hati karena mereka menyakiti dan menghancurkan orang lain atas nama kebaikan. mereka merasa bahwa perbuatannya adalah perbuatan mulia dan akan mendapatkan pahala dari allah.

terorisme adalah perbuatan yang merugikan dan meresahkan banyak orang yang sesungguhnya tidak bersalah. para teroris merasa bahwa apa yang dilakukannya bukan kesalahan, karena bunuh diri untuk mematikan orang luar negeri dan menghancurkan gedung-gedungnya bagi mereka adalah perbuatan yang mendatangkan pahala. pahala karena logika jihad memerangi orang-orang yang dianggap kafis oleh mereka.

beberapa waktu lalu densus 88 mengepung rumah di daerah temanggung untuk menangkap seseorang yang dianggap nurdin m top. densus membawa banyak orang (sepasukan) yang benar-benar disiapkan untuk mengepung rumah tersebut. pengepungan dilakukan dalam waktu yang sangat lama, membawa banyak orang, menghancurkan rumah yang di dalamnya terdapat sasaran, mengganggu para tetangga, menghabiskan banyak peluru, dan menyisakan trauma yang dalam bagi para tetangga.

meskipun akhirnya tertangkap dalam keadaan mati, sepertinya banyak yang harus dikoreksi bersama-sama. karena ada banyak hal kecil yang juga berimbas kepada rakyat kecil yang berada disekitar rumah tersebut. densus juga tidak bisa menafikkan bahwa ada beberapa orang yang menganggap bahwa penangkapan dengan cara seperti tersebut melanggar ham. coba bayangkan jika menangkap satu orang tapi dengan menghabiskan banyak dana dan mengerahkan banyak orang. yang mestinya bisa dilakukan dengan cara-cara yang lebih sederhana.

meskipun ada sisi baiknya juga, karena mendatangkan banyak rejeki bagi tetangga sekitar. banyak tetangga desa dan tetangga daerah yang akhirnya datang ke lokasi untuk melihat rumah yang pernah disinggahi oleh teroris. karena banyak yang berdatangan untuk melihat, akhirnya banyak para pedagang dadakan. dan alhamdulillahnya pedagang tersebut mempunyai penghasilan tambahan yang jumlahnya lumayan.

tentang teroris dan peristiwa penangkapa tersebut, hampir semua manusia indonesia membicarakannya. dari mulai anak kecil sampai orang dewasa, semua seolah menjadi sangat tertarik dengan kasus tersebut. semua seolah peduli dengan masalah tersebut, karena masyarakat merasa bahwa masalah teroris adalah masalah bangsa yang harus segera diselesaikan. apalagi sebentar lagi menjelang hari ulang tahun kemerdekaan indonesia. masyarakat sangat takut jika para teroris akan beraksi ketika tanggal 17 agustus nanti. meskipun para teroris adalah orang indonesia, masyarakat sudah sangat menyangsikan nasionalisme para teroris.

saya kira, kita perlu banyak belajar dari masalah teroris di negara indonesia. ada satu hal yang menurut saya sangat menarik, saya berfikir jangan-jangan para teroris tersebut merasa banyak dikhianati oleh pemerintah, dan merasa sangat membenci pemerintah. artinya, ada beberapa hal yang bisa dilihat dari segi positif dalam kasus terorisme. pemerintah tidak bisa hanya mengklaim dengan penuh tanpa mau mengerti apa yang mereka inginkan. karena saya masih sangat yakin, bahwa diskusi dan musyawarah masih cukup efektif dilakukan. masalah sebesar apapun pasti masih bisa diselesaikan dengan cara-cara yang damai.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog