Tuesday, August 18, 2009

Diskusi Sama Murid-Murid...

saya: saya sedih atas peristiwa tawuran kemaren, saya juga miris memikirkan nasib generasi muda yang semakin tidak jelas. mari kita merefleksi kemerdekaan bersama-sama, dan lebih khusus untuk kalian sebagai generasi muda. bukan saya merasa tua dan lebih pandai dari kalian, tetapi yang menjadi persoalan sekarang memang generasi muda. banyak orang yang mempertanyakan kemampuan generasi muda dalam sumbangsihnya terhadap negara ini.

anak-anak: bu tawuran menurut saya hal yang biasa bu, kita kan masih anak muda dan gejolak kemudaan kita memang harus disalurkan lewat tawuran salah satunya.

saya: oya? wajarnya menurut kalian dimananya? barangkali saya memang perlu tahu.

anak-anak: ibu tahu gak? anak-anak yang suka tawuran itu adalah anak-anak yang bermasalah dalam keluarganya. mereka butuh kasih sayang, butuh perhatian, dan butuh diakui keberadaannya.

saya: ya allah kasihan amat ya dek, tapi ya tetap harus berfikir rasional, karena tawuran sama sekali gak ada manfaatnya kan?

anak-anak: gak ada manfaat bagi ibu, bagi mereka sangat bermanfaat dan bisa menjawab banyaknya persoalan hidup yang mereka hadapi. saya pernah seperti mereka juga bu, makanya saya tahu, dan saya gak senang kalau masyarakat hanya menyalahkan tapi tidak memberi solusi yang tepat. bagaimanapun kita manusia yang ingin dihargai dan ingin juga menjadi baik.

saya: kita bukan tidak peduli sama kalian dek, hanya saja kalian yang tidak pernah mau cerita ke kita. masalah itu kan kompleks dan kalian sudah menuju dewasa, kadang orang tua atau guru menganggap kalian sudah dewasa dan dianggap bisa menyelesaikan persoalan sendiri.

anak-anak: sebenarnya tawuran kemaren pas 17 agustus memang tidak layak bu, dia tidak menghargai hari kemerdekaan indonesia.

saya: berarti tawuran di hari biasa boleh dung?

anak-anak: ya bukan begitu bu, tapi kemaren kan kita sedang merayakan kemerdekaan indonesia jadi harusnya mereka menghargai itu. tapi bisa jadi mereka pengen mengukir sejarah bu?

saya: maksudnya apa?

anak-anak: anak-anak terinspirasi dengan perjuangan para pahlawan dan ingin mengukir sejarah di hari kemerdekaan bu. kalau pas tawuran terus ada yang meninggal kan bisa masuk dalam sejarah bu?

saya: ngawur ah. oke saya punya pertanyaan, jika ketika mereka tawuran tiba-tiba indonesia diserang oleh musuh, kira-kira mereka bersatu gak ya?

anak-anak: pasti bersatu bu.

saya: berarti mereka masih mempunyai semangat nasionalisme ya?

anak-anak: masih bu, pasti masih.

saya: terima kasih semuanya, masukan kalian akan menjadi masukan yang sangat berarti buat saya.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog