Wednesday, August 12, 2009

Gaji Guru Seminggu Untuk Sebulan...

saya guru dan memang memilih menjadi guru, bukan karena terpaksa tapi memang profesi saya sebagai guru. saya senang menjadi guru, dan saya bangga bisa mengajar anak-anak. saya senang mengajar karena bagi saya mengajar itu pekerjaan yang sangat hidup dan menggairahkan. menggairahkan karena berkomunikasi dengan manusia. manusia remaja yang masih dalam masa perkembangan dan butuh banyak pendampingan-pendampingan.

saya kuliah jurusan pendidikan dan gelar saya sarjana pendidikan. waktu mengambil sarjana pendidikan saya berfikir bahwa gaji guru itu gede. dan jadi guru itu bisa mensejahterakan hidup saya di masa depan. mohon maaf, bukan berarti saya menyesal jadi guru, saya bangga dan bahagia menjadi guru. saya hanya bersedih ketika ingat betapa kecilnya gaji seorang guru, terutama gaji guru swasta. bayangan saya, gaji guru itu akan dikalikan tiga puluh hari alias satu bulan, ternyata gaji guru seminggu untuk sebulan. gaji guru itu jamnya hanya dihitung satu minggu, hanya transportnya yang dihitung satu bulan.

sangat tidak logis dan sangat kurang manusiawi, karena guru bekerja selama sebulan tetapi dibayar hanya dengan gaji seminggu. jadi jangan heran ketika banyak guru swasta yang akhirnya nyambi kerja kesana kemari hanya untuk mendapatkan tambahan gaji. jangan salahkan juga ketika akhirnya banyak guru yang tidak profesional karena nyambi kesana kemari. saya yakin guru tersebut tidak pernah punya maksud untuk tidak profesional. dia semata-mata hanya berfikir untuk bertahan hidup, karena hidup harus terus eksis.

nah saya jadi berfikir, guru itu pekerjaan yang tidak rumit alias sangat ribet. untuk mengajar guru harus menyiapkan banyak perangkat-perangkat juga. setelah mengajarpun guru tetap harus melengkapi perangkat-perangkat tersebut. pokoknya pekerjaan guru selain mengajar itu sangat banyak banget, apalagi guru di jakarta yang juga harus menyelesaikan sas. nah masa iya gaji guru lebih sedikit dari pada pekerja pabrik? masa iya gaji pembantu rumah tangga lebih besar dari pada gaji guru? sangat tidak logis kalau gaji guru hanya berkisar antara 300.000-700.000, meskipun banyak sekolah-sekolah swasta nasional yang sanggup membayar guru hingga 5.000.000. tapi saya yakin jumlahnya sangat sedikit dan tidak seimbang dengan jumlah guru yang ada.

saya belum punya formulasi yang detail tentang gaji guru, saya hanya berfikir bahwa bagaimana agar gaji guru di atas 1.000.000. karena kebutuhan hidup di kota ataupun di desa sekalipun pasti di atas 1.000.000. gak lucu aja jika gaji lebih kecil dari kebutuhan yang ada, yang ada orang tersebut akan kerepotan dan bermasalah dalam menjalani hidupnya. mohon kepada pemerintah agar lebih memperhatikan gaji guru, terutama guru swasta dengan sekolahan yang sangat tidak kaya. bagaimanapun besarnya gaji mempengaruhi kinerja seorang guru. bukan tidak ikhlas mengajar, tetapi lebih pada penghargaan terhadap jasa yang telah diberikan seorang guru.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog