Tuesday, April 21, 2009

Nasibmu Para Caleg...

Saya heran aja waktu lihat berita yang memberitahu bahwa banyak caleg yang gila, stress, bahkan mencoba bunuh diri hanya karena gagal menjadi anggota dpr. Sebegitunyakah...??? Kenapa musti sampai gila...??? Mbok ya biasa-biasa aja, wong namanya juga spekulasi, kan bisa menang bisa juga kalah to...??? Ngeri amat sih, sampai pada gila segala...???

Ternyata, kata orang-orang kenapa mereka sampai pada gila, karena telah habis banyak uang untuk berkampanye. Bukan hanya hitungan puluhan juta, tetapi bahkan sampai ratusan juta dan bahkan milyaran. Angka keuangan yang sangat fantastis dan luar biasa, bahkan tidak pernah terpikirkan oleh saya, meskipun saya juga seorang caleg dpr ri.

Pertanyaan saya kemudian, kenapa mereka berani berspekulasi mengeluarkan uang sebanyak itu...??? Kira-kira siapa yang menyuruh dan untuk apa...??? Dalam persyaratan caleg tidak pernah ada kata-kata yang mengatakan bahwa syarat untuk menjadi caleg harus kaya. Atau mungkin untuk money politik kepada konstituen...??? Nah lo, tidak ada juga yang mewajibkan memberi uang kepada para pemilih apapun alasannya. Kenapa para caleg tersebut berani berspekulasi mengeluarkan banyak uang...???

Jikalaupun ada caleg yang mengatakan bahwa dirinya ikhlas mengeluarkan banyak uang, berarti dia seharusnya siap dengan segala resiko termasuk kehilangan banyak uang. Karena jika kita telaah lebih substantif, ikhlas itu kan tanpa pamrih alias tidak mengharapkan imbalan atas apa yang telah dikeluarkannya.

Kabar terakhir dan jika benar, para caleg yang stress dan bunuh diri ternyata terlalu terobsesi ingin menjadi caleg beneran dan mereka tidak siap untuk kalah. Dan katanya lagi, mereka adalah para pengangguran yang berani meminjam uang ke bank atau ke tetangganya hanya untuk berkampanye. Sehingga ketika tidak jadi, dia merasa mempunyai beban berat yaitu mngembalikan uang yang telah dipinjamnya. Spekulasi yang sangat berani dan sangat beresiko untuk orang yang baru pertama terjun ke dunia politik.

Sehingga kalimat yang layak kita sampaikan ke mereka adalah: Selamat atas keberanian mereka berspekulasi dan sabar atas kegagalan yang menghinggapi, meskipun kata sabar saya pikir tidaklah cukup mengobati.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog