Thursday, April 09, 2009

Ery...

Makasih ya sobat dah gantiin saya ngajar selama saya kampanye dua minggu. Ada satu hal yang bisa kita ambil hikmahnya sobat, tentunya dari apa yang kamu ceritakan kepada saya. Bahwa selama ini kadang kita telah merasa benar dan punya prinsip, tetapi ternyata, ada orang-orang yang menganggap kita kurang benar dan bahkan aneh.

Itu artinya, kita tidak punya hak menyalahkan mereka, dan sebenarnya mereka juga tidak punya hak untuk menyalahkan gaya dan karakter kita. Tetapi kamu harus tahu sobat, bahwa rata-rata orang lebih senang menyalahkan orang lain dari pada mengoreksi diri sendiri.

Yang paling penting buat kita adalah, bagaimanapun kita disalahkan orang dan di klaim orang, kita harus tetap berbaik sangka dan harus selalu tersenyum kepada mereka semua. Kecuali jika kesalahan kita memang sudah fatal, dan hampir semua manusia menyalahkan kita.

Dalam kasus kita yang kemaren saya rasa hanya masalah cara pandang dan komunitas saja, bahwa ada komunitas dengan cara pandang yang tidak sama, nah kebetulah kita berada pada komunitas yang berbeda dengan mereka. Sebenarnya untuk bagusnya, harus ada yang mengalah, tetapi sepertinya kita juga belum bisa menjadi nabi yang kemudian menjadi orang mulia yang tahan dengan cemoohan dan gunjingan.

Kita hanya manusia biasa yang kebetulan merasa mempunyai prinsip, sehingga dengan prinsip tersebut kita tidak mau disalahkan, meskipun kita juga tidak pernah menyalahkan orang lain yang berbeda dengan kita. Menurut saya, yang tidak melayanilah yang merupakan orang-orang yang bijaksana dan humanis, amien.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog