Monday, July 06, 2009

Rambut Panjang

waktu kecil aku suka banget sama rambut panjang. bahkan saya hampir tidak pernah berambut pendek. saya tidak ingat kenapa saya selalu berambut panjang, mungkin karena saya senang atau karena ibu dan mbah saya yang menyuruh. padahal dengan rambut panjang itu saya suka ketombean dan tidak jarang ada kutunya. sebenarnya kutu-kutu dan ketombe tersebut sangat mengganggu dan membuat rambut saya tidak nyaman. tetapi lagi-lagi tanpa alasan yang jelas rambut saya tetap eksis panjang.

kelas enam menjelang naik kelas satu smp, rambut saya dipotong sama mbak tutik (ibunya dedek teman kecil saya). kata dia biar saya kelihatan rapi, karena rambut saya ngombak dan tebal. tidak hanya ngombak dan tebal, rambut saya juga sangat kaku seperti sapu ijuk. sejak dipotong itu rambut saya tetap panjang dan tidak pernah lagi saya potong hingga saya kuliah. bisa dibayangkan betapa panjangnya rambut saya. rambut saya hampir menjuntai di bawah bokong saya meski belum sampai ke lutut.

rambut saya tetap panjang karena saya merasa bahwa perempuan harus berambut panjang. saat saya kuliah semester akhir saya melakukan tugas kkn di daerah boja kendal. saya kkn kurang lebih tiga bulan lamanya, karena daerahnya dingin saya jarang mandi dan jarang keramas. karena jarang keramas otomatis rambut saya bertambah gimbal dan gatal, hehe. pulang dari kkn saya langsung ke salon dan memutuskan untuk memotong rambut panjang saya hingga habis. rambut saya menyerupai rambut laki-laki dan tidak tanggung-tanggung saya juga menyemir rambut saya dengan semir merah. lengkap sudah perubahan yang terjadi pada rambut saya yang awalnya panjang.

sampai sekarang rambut saya tidak pernah lagi panjang. setiap kali rambut saya tumbuh beberapa senti, saya langsung ke salon dan memangkas habis rambut saya. bahkan saya pernah menggundul rambut saya hingga habis dan plontos. saya juga selalu menggunakan gaya rambut dengan gaya cowok yang sangat cepak. akhirnya saya tahu kenapa saya lebih suka rambut pendek, karena rambut pendek untuk perempuan berjilbab sungguh sangat simpel dan praktis. rambut pendek juga gampang dirawat dan tidak ribet menyisirnya.

saat ini saya sudah tidak lagi sepakat bahwa perempuan harus berambut pendek. karena bagi saya berambut bukan karena panjang pendeknya, tetapi lebih pada kenyamanan dan kebersihan. sehingga tidak perlu membenarkan klaim bahwa perempuan harus berambut panjang dan seakan-akan perempuan akan lebih anggun dengan rambut panjangnya. apalagi untuk perempuan yang menggunakan kerudung, tentunya rambutnya tidak akan terlihat secara umum, sehingga tidak masalah jika perempuan berkerudung berambut cepak.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog