Wednesday, July 15, 2009

Candi Borobudur Tercinta...

borobudur adalah merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak di magelang jawa tengah. borobudur sangat luas dan indah karena berdiri ditengah-tengah pedesaan yang masih hijau karena alamnya masih murni dan belum banyak polusi seperti jakarta atau kota-kota yang lainnya. borobudur sering dikunjungi oleh wisatawan indonesia dan luar negeri. karena bentuknya yang unik dan penuh nuansa sejarah, orang merasa tidak bosan untuk berlama-lama di borobudur. meskipun untuk naik ke atas dibutuhkan banyak tenaga agar tidak ngos-ngosan, hehehe.

saya sudah beberapa kali ke borobudur, tapi saya tidak pernah bosan dan merasa rindu untuk datang lagi ke sana. dari terminal magelang kita bisa menggunakan bus sampai terminal borobudur. dari terminal kita sudah disambut oleh becak, atau andong yang bisa langsung antar kita ke borobudur hanya dengan uang tujuh ribu saja. terakhir tiket masuk ke borobudur seharga 12.500 untuk orang dewasa. harga ini tentu berbeda dengan wisatawan asing dan saya setuju untuk itu.

sebelum masuk ke lokasi, di depan borobudur banyak sekali orang jualan berseliweran. dari mulai jualan pernik-pernik, jualan makanan, baju-baju, topi, dan menawarkan sewa payung yang harganya hanya 3.000 rupiah. masuk ke lokasi kita bisa menggunakan kereta dengan harga 5.000 agar bisa sampai ke candinya. kereta umumnya dinaiki oleh anak-anak kecil yang pastinya malas jalan kaki ke candi borobudur. di dalam sudah tidak banyak yang jualan, hanya saja penjual minuman dan tukang fotografer yang justru banyak. tukang fotografer menawarkan foto langsung jadi dengan latar candi borobudur utuh. tapi saya lihat tidak banyak yang menggunakan jasa fotografer karena rata-rata pengunjung sudah membawa camera sendiri.

sampai di atas candi borobudur saya tercengang melihat candi-candinya dan alam yang ada disekitar candi yang begitu hijau dan rindang. tapi sayang banget ada beberapa patung yang kepalanya copot alias tidak ada. saya tidak tahu kenapa karena saya tidak bertanya ke pemandu wisatanya. tapi saya melihat beberapa tukang yang sedang memugar beberapa batu yang agak-agak rusak.

di atas candi saya juga melihat banyak orang berfoto-foto ria dengan begitu gembiranya. mereka seolah merasa bahwa foto di candi borobudur akan menyisakan banyak kenangan dan keindahan. bagaimanapun sejarah budaya indonesia harus kita hargai dan hormati, agar negara kita ini tetap ada dengan karya-karyanya.

saya melihat banyak guide yang sedang menemani wisatawan luar negeri, dari penamilannya biasa saja tapi bahasa inggrisnya cukup lumayan, meski inggrisnya berlogat jawa tengah gitu. mereka terlihat semangat ketika menjelaskan sejarah borobudur kepada wisatawan luar negeri. dari sorot matanya dia pengen bilang bahwa borobudur adalah kebanggaan negara indonesia.

selesai berkunjung orang harus keluar melalui pintu khusus yang sepertinya telah disediakan oleh dinas pariwisata setempat. sepanjang jalan menuju pintu keluar, berderet para penjual pernak-pernik yang sangat antusias menawarkan dagangannya kepada para pengunjung. senang melihat produk dalam negeri yang begitu banyaknya, tetapi agak sumpek karena mereka menawarkan secara bersamaan dan tidak habis-habisnya. hampir kehabisan kata hanya sekedar untuk bilang maaf bu maaf pak sudah beli. tapi minimal semangat mereka memberikan inspirasi kepada saya untuk tetap bertahan dalam menjalani hidup ini.

hidup tempat wisata di indonesia dan semoga masyarakat indonesia lebih bisa lagi menghargai tempat-tempat wisata di indonesia dari pada di luar negeri. karena selain murah, tempat wisata di indonesia juga tidak kalah menariknya dengan tempat wisata di luar negeri.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog