Thursday, February 12, 2009

Ternyata Kita Masih Harus Belajar Banyak...

kawan sadar atau tidak, terkadang kita meremehkan orang lain. apalagi orang yang usianya jauh lebih muda dari kita. kawan saya adalah seorang guru di sma swasta. saya mencoba untuk menjadi guru yang selalu baik dan bisa menghormati murid-murid saya yang juga manusia. saya mencoba memposisikan diri sebagai teman mereka.

kawan ketika ulangan harian, saya kaget karena anak-anak cowok yang selama ini dianggap badung oleh teman-temannya mendapatkan nilai 95. dan ternyata tidak hanya dia, beberapa rombongannya yang juga kata teman-temannya agak sedikit nakal ternyata juga mendapat nilai diatas 90. awalnya saya tidak masalah dan saya percaya bahwa mereka memang pintar. tapi anak-anak cewek yang nilainya lebih rendah protes dan menuduh teman-teman cowoknya mengganti jawaban. kebetulan ulangan waktu itu dikoreksi bersama-sama.

ternyata saya terpengaruh dengan omongan anak-anak yang cewek, kemudian saya nyeletuk.
saya: abid, kamu mengganti jawaban ya?
abid: sumpah bu, saya tidak mengganti sama sekali.
saya: kok nilai kamu bagus banget?
abid: memangnya tidak boleh kalau nilai saya bagus bu?
saya: bukan tidak boleh, tapi kan kamu jarang mencatat dan jarang serius juga dalam pelajaran?
abid: memangnya orang yang tidak serius tidak boleh dapat nilai bagus bu?
saya: bener kan tidak mengganti jawabanmu?
abid: demi allah bu, saya bisa ppkn karena saya suka sama cara mengajar ibu.

kawan, saya sedih banget karena telah terpengaruh oleh anak-anak yang cewek. saya menyesal seumur hidup karena telah berprasangka buruk sama abid dan teman-temannya yang cowok. saya gagal menahan diri, dan saya juga gagal menjadi guru yang baik. selama ini saya punya prinsip untuk tidak mengklaim murid-murid saya. bahkan dari 11 kelas yang saya ajar, saya tidak pernah menanyakan siapa yang paling pintar di kelas dan siapa yang paling kurang pintar di kelas. saya melakukan itu karena saya ingin tidak mengklaim salah satu orang hanya karena di kurang pintar. atau bahkan saya memihak salah satu orang hanya karena saya tahu di paling pintar.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog