Tuesday, February 03, 2009

Pertanyaan...

saya pernah menanyakan ini ke teman-teman saya, tetapi jawaban mereka kurang memuaskan saya. pertanyaan saya yaitu: mendingan jadi orang yang membahagiakan diri sendiri tapi mengorbankan orang lain, atau menjadi orang yang membahagiakan orang lain tapi mengorbankan diri sendiri???

ada beberapa kategori jawaban yang dilontarkan oleh teman-teman saya. teman-teman saya yang beraliran kanan menjawab: mending menjadi orang yang kedua. sementara teman-teman saya yang beraliran kiri menjawab: mending menjadi orang yang kesatu. dan teman-teman saya yang netral menjawab: mending menjadi orang yang menyenangkan diri sendiri dan menyenangkan orang lain. tentu jawaban yang ketiga tidak termasuk jawaban, karena jawaban itu tidak ada dalam pilihan. tapi tidak menutup kemungkinan, jawaban yang ketiga bisa menjadi alternatif jawaban yang bijaksana untuk kita pilih.

teman-teman yang baik, menyenangkan diri sendiri bagi saya adalah kebaikan, karena menyenangkan diri sendiri berarti kita punya obsesi dan cita-cita yang kita impikan dan yang ingin kita raih. menyenangkan orang lain juga tidak salah, karena terkadang dalam hidup kita, kita sering merepotkan orang lain dan sudah saatnya bagi kita untuk membalas budi baik orang lain tersebut.

tapi kemudian, benarkah kita harus selalu menyenangkan orang lain? sementara kita belum pernah menyenangkan diri sendiri. atau sebaliknya, benarkah kita harus melulu menyenangkan diri sendiri? sementara kita belum pernah berbuat baik kepada orang lain yang selama ini menjadi orang-orang terdekat kita.

saya tunggu jawaban dari teman-teman semuanya. semoga kita bisa menjadi manusia yang humanis dan bijaksana. sehingga tidak perlu merugikan orang lain dalam mencapai cita-cita pribadi. atau tidak perlu mengorbankan diri sendiri untuk menyenangkan orang lain.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog