Wednesday, January 13, 2010

Merah Putih Saykoji...

merah putih berkibar begitu gagah
cerminan akan bangsa yang perkasa
kuhormati dengan penuh rasa bangga
indonesiaku bersatu sepanjang masa

merah putih, hormaat grakkk!
buat semua bangsa lain tersentak
kibarkan sang saka dengan serentak
harumkan nama ibu pertiwi serempak

di bawah langit biru berkibar tertiup angin
bangga jadi orang indonesia ku semakin
terpacu tuk memajukan bangsa
tunjukkan kita kuat kita bukan mangsa

berbeda suku, beda golongan dan agama
bhinneka tunggal ika kami yang pertama
bahu membahu bimbing saling membimbing
berat sama dipikul ringan sama dijinjing

ini nusantara kita satu darah
satu nusa bangsa bahasa dan satu arah
takkan kulupakan selama lamanya
bangsaku, INDONESIA NAMANYA!

merah putih berkibar begitu gagah
cerminan akan bangsa yang perkasa
kuhormati dengan penuh rasa bangga
indonesiaku bersatu sepanjang masa

apapun mereka bilang tekadku takkan hilang
jalanku masih panjang garis akhir kupandang
jangan lupa kita macan asia
pancasila kita yang menjadi rahasia

untuk bisa bersatu dalam satu semangat
untuk membela tanah air semua berangkat
tak lupakan keringat dan darah yang tertumpah
dari para pahlawan negriku aku bersumpah

memegang erat bendera merah putihku
singsingkan lengan baju jauh lebihi siku
untuk bang-sa-ku, aku berkarya
sumber a-lam-ku begitu kaya

kami tidak takut, garuda di dadaku
semangat empat puluh lima, ada padaku
aku tergugah untuk berani rasanya
bangsaku, INDONESIA NAMANYA!

merah putih berkibar begitu gagah
cerminan akan bangsa yang perkasa
kuhormati dengan penuh rasa bangga
indonesiaku bersatu sepanjang masa

Syair lagu Saykoji di atas sungguh luar biasa dan membuat saya menitikkan air mata dengan tulus. Sebuah lagi semangat dan cinta tanah air. Sebuah lagu persembahan berharga buat para generasi muda yang tengah pesimis menghadapi kondisi bangsa yang selalu terpuruk dalam berbagai bidang kehidupannya.

Masing-masing orang punya hak untuk mengklaim Indonesia ini, meskipun sebenarnya klaim tidak layak kita tujukan kepada negeri sendiri. Tapi apa mau dikata jika keadaannya memang demikian, bahwa Indonesia memang layak diklaim dan di justifikasi.

Indonesia memang negara dengan beragam persoalan, Indonesia memang negara yang saat ini belum begitu layak untuk dibanggakan secara sempurna. Terlalu malu rasanya untuk mengakui kelebihan-kelebihan bangsa Indonesia yang sesungguhnya memang ada. Kelebihan-kelebihan itu tertutupi oleh banyaknya kekurangan-kekurangan.

Tetapi benar yang dikatakan Saykoji, seperti apapun Indonesia kita, kita tetap harus bangga menjadi warga negara Indonesia. Kita harus salut dan tetap optimis dalam menyongsong masa depan. Kita harus terus maju menggapai cita-cita dan asa. Tidak ada alasan untuk terpuruk dalam pesimisme dan kemandulan berfikir. Teruslah berkarya dan berbakti untuk memajukan negeri ini. Karena jika bukan kita sebagai generasi muda, siapa lagi yang akan peduli??

Bukan salah pancasila atau hukum yang ada, bukan pula salah generasi muda yang tengah layu dan terpuruk melihat kondisi bangsa Indonesia. Ada satu kesalahan besar yang mustinya disadari secara bersama-sama, bahwa sistem yang ada di Indonesia telah mendarah daging dan hampir membusuk. Bahkan sudah hampir mengeluarkan belatung dari kebusukan tersebut.

Bukan tidak bisa dirubah, karena tidak ada yang mustahil di dunia ini. Semua bisa diperbaiki menjadi lebih baik lagi. Tentu dengan usaha yang keras dan proses yang tidak cepat. Semua harus saling bekerjasama dan saling bahu-membahu. Singkirkan ego masing-masing individu dan satukan ego kelompok. Bangkitlah atas nama masa depan bangsa Indonesia tercinta.

Terima kasih Saykoji telah memberi saya inspirasi yang luar biasa, syair-syair lagumu begitu menggetarkan jiwa saya sebagai seorang pengajar PPKn. Saya memang tidak begitu mengenalmu Saykoji, saya mengenalmu lewat lagu jomblo dan kecoak. Kala itu saya sedang main di tempat teman yang kebetulan penjaga persewaan novel dan komik. Dia menawarkan mengirim lagu itu kepada saya, awalnya saya menolak karena saya tidak mengenal lagu-lagu Saykoji. Tapi teman saya tetap maksa mengirim lagu tersebut, akhirnya lagu tersebut masuk ke HP saya.

Saya dengarkan berulang-ulang ketika mengendarai sepeda motor, ternyata lagu jomblo dan kecoak cukup unik dan lucu. Saya jadi agak tertarik untuk melihat-lihat koleksi lagu-lagu Saykoji, dan saat itu tiba-tiba saya yakin bahwa lagu-lagu Saykoji yang lain pasti tidak kalah bagusnya dari jomblo dan kecoak. Mulailah saya mendownload lagu-lagu lain seperti: merah putih, andai aku bisa, online, so waht gitu loh, pengen kurus, dan lain-lainnya. Luar biasa kawan, lagu-lagu Saykoji sungguh luar biasa dan menggugah semangat saya untuk berekspresi lebih baik dan lebih sempurna lagi.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog