Wednesday, December 09, 2009

say no to corruption...

Berdialog dengan mahasiswa dan anak smu tentang korupsi di Indonesia.
Pertanyaan yang saya ajukan yaitu apa pengertian korupsi?
Jawaban mereka yaitu:
Korupsi adalah perbuatan melanggar ham.
Korupsi adalah perbuatan mengambil hak orang lain.
Korupsi adalah perbuatan memakan uang milik negara tanpa ijin.
Korupsi yaitu maling alias perampok.

Pertanyaan kedua yang saya ajukan yaitu, kenapa orang melakukan korupsi?
Jawaban mereka yaitu:
Karena maruk.
Karena kekurangan ekonomi.
Karena terpengaruh lingkungan.
Karena tidak punya iman.

Kesimpulan jawaban dari dua pertanyaan di atas yaitu bahwa koruptor sama dengan maling yang tidak punya iman.

Aksi yang akan dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat di Jakarta dan daerah-daerah merupakan aksi yang biasa-biasa saja, sehingga tidak pantas dan kurang layak jika Presiden menanggapi dengan buruk sangka. Dalam sistem demokrasi di negara manapun rakyat mempunyai hak penuh untuk mengontrol dan mengevaluasi program kerja dan kinerja pemerintahan. Sehingga seperti orang yang sedang dikritik karena kesalahannya, seharusnya Presiden tidak perlu was-was dan gemetaran ketika sedang dikritik oleh rakyatnya. Kritikan adalah masukan, kritikan adalah bentuk perhatian, dan kritikan dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja agar lebih baik lagi.

Presiden seharusnya tidak perlu panik secara berlebihan, karena rakyat tidak bermaksud berkepentingan secara mendalam. Rakyat hanya ingin yang terbaik dan terkeren untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Bagaimanapun keadaan negara Indonesia adalah tanggung jawab bersama-sama, seperti halnya hutang yang dimiliki oleh bangsa ini adalah merupakan hutang bersama yang harus dibayar secara bersama-sama.

Banyak kalangan yang bilang bahwa Presiden sudah semakin menunjukkan otoritasnya, Presiden sudah semakin terlihat hampir seperti orde baru. Kasus hari anti korupsi sedunia dibesar-besarkan secara berlebihan, sehingga efeknya Presiden harus mensiagakan banyak pasukan untuk mengantisipasi aksi yang akan dilaksanakan tanggal 09-12-2009. Bukan tidak boleh mengantisipasi, tapi semestinya Presiden seharusnya mendukung aksi anti korupsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 09-12-2009. Sekali lagi Presiden harus mengerti bahwa rakyat juga memiliki kuasa atas negeri ini, dan rakyat dapat menjatuhkan pemerintah jika memang pemerintah dianggap sudah tidak layak memimpin negeri ini. Jika Presiden tidak merubah gaya kepemimpinannya dan semakin menunjukkan otoritasnya, maka Presiden dipastikan tidak akan lama menjabat sebagai Presiden Indonesia yang baru.

Kaus Century yang menghilangkan uang sekitar 6,7 trilliun adalah fenomena yang sangat memiriskan hati. Bagaimana tidak, jika dengan uang sebanyak itu para ibu-ibu bisa membeli susu untuk anak-anaknya. Atau para anak putus sekolah bisa kembali melanjutkan sekolah tanpa biaya. Masih banyak kemiskinan yang harus diperhatikan dan dibela. Sehingga sepertinya sangat tidak manusiawi jika ada orang yang tega melakukan korupsi, sementara kondisi sekelilingnya masih termiskinkan oleh sistem yang ada di Indonesia.

Apapun alasannya korupsi adalah perbuatan yang menyengsarakan orang lain. Korupsi juga menyebabkan negara mengalami kerugian yang luar biasa. Sehingga bagaimanapun caranya korupsi di Indonesia dan di dunia harus dihapuskan dengan tuntas dan segera. Negara yang bebas dari korupsi adalah negara yang bersih dari perbutan keji dan mungkar. Negara yang bersih akan lebih fokus dan teliti mengurus kekurangan yang dimiliki oleh negerinya.

Katakan tidak pada korupsi di Indonesia dan di seluruh dunia, karena korupsi adalah perbuatan yang tidak dibenarkan oleh agama manapun.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog