Tuesday, December 22, 2009

Koin-Koin...

Fenomena koin untuk Prita adalah fenomena sosial yang sangat hebat dan cepat. Fenomena itu adalah fenomena riil sebagai bentuk kepeduliaan dan kasih sayang terhadap sesama manusia. Karena saya yakin semua manusia pasti sadar bahwa hidup tidak akan eksis tanpa bantuan dan dukungan dari orang lain yang berada di sekitar diri kita. Fenomena sosial untuk Prita tidak hanya sekedar fenomena biasa, tetapi adalah fenomena kepekaan rakyat Indonesia yang akhir-akhir ini tercabik-cabik oleh bobroknya sistem di negara Indonesia tercinta. Masyarakat ibu kota Jakarta sudah diklaim sebagai masyarakat yang hedon, cuek, acuh, dan mementingkan diri sendiri. Dengan koin Prita masyarakat akhirnya bisa membaca bahwa klaim terhadap orang Jakarta tidak mutlak benar.

Justru menurut saya, koin Prita ini perlu digalakkan lebih giat lagi untuk membantu orang-orang yang miskin dan butuh pertolongan. Masih banyak Prita-Prita lain yang juga butuh untuk di support dan dibantu. Jakarta memang pusat ibu kota, tetapi Jakarta juga merupakan pusat kekumuhan dan kemiskinan. Di balik gedung-gedung megah terdapat rumah-rumah kumuh yang setiap saat akan berterima kasih jika dibantu. Kemiskinan, pengangguran, perampokan, dan kasus kriminal lainnya memang tanggung jawab pemerintah. Tetapi masyarakat juga punya andil yang besar jika ternyata pemerintah tidak mampu melaksanakan fungsinya dengan baik.

Masyarakat Jakarta adalah masyarakat kaya yang jika diminta koinnya pasti tidak akan keberatan. Saya berhayal seandainya saja koin-koin itu dikumpulkan tiap hari oleh semua warga Jakarta yang bekerja, maka koin-koin itu pasti akan bisa mengatasi kemiskinan dan kekumuhan di ibu kota Jakarta.Tidak perlu mengemis-ngemis dan menunggu uluran tangan dari pemerintah yang kelihatannya sangat sibuk dengan pekerjaannya. Tidak perlu mengais program-program pemerintah yang katanya diperuntukkan bagi warga miskin di seluruh Indonesia.

Maka dari itu saya secara pribadi berharap kepada warga di ibu kota Jakarta dan warga di seluruh Indonesia untuk mulai menyisihkan uang koinnya, dalam rangka bahu-membahu mengatasi kemiskinan di Indonesia tercinta. Seperti apapun kemiskinan itu tidak menyenangkan dan kemiskinan itu sangat menyengsarakan. Bagaimana tidak? di jaman modern seperti ini ada orang yang makan hanya satu kali dalam sehari, atau bahkan tidak sempat makan sama sekali dalam sehari. Kemiskinan harus menjadi beban bersama dan harus menjadi usaha bersama dalam proses pemberantasannya. Karena segala sesuatu jika dikerjakan secara bersama-sama maka hasilnya akan lebih optimal dan maksimal.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog