Sunday, July 29, 2012

Ngobrol Dengan Anak SD...

Hari itu sabtu tepatnya tanggal 28 Juli 2012. Saya pulang dari mengajar di Jakarta dan sengaja memarkir motor saya di parkiran dekat gerbang Telaga Kahuripan Parung. Kebetulan rumah tinggal saya di komplek perumahan Telaga Kahuripan tepatnya di Beranda Ganeshanya. Saya berhenti disitu karena melihat banyak pelajar seragam abu-abu putih yang perkiraan saya akan tawuran. Oleh karenanya saya memutuskan untuk mengamati dan memantau para pelajar tersebut. Supaya tidak dicurigai karena saya belum kenal dengan mereka, saya masuk ke dalam pos jaga gerbang Telaga Kahuripan.

Saya: kamu sama siapa dek?
Tiara (anak SD): saya sendiri kak.
Saya: kamu nunggu jemputan?
Tiara: iya kak, saya nunggu kakak saya pulang sekolah biar bisa bareng sampai rumah.
Saya: owh iya dech, kamu puasa gak?
Tiara: saya Kristen kak jadi gak puasa, tapi saya gak minum dan makan lho di sekolah.
Saya: waduh, kenapa gak bawa minum aja taruh di dalam botol, minumnya yah jangan di depan temannya yang puasa.
Tiara: saya gak enak kak, lagipula kata mamah musti menghormati yang sedang puasa.
Saya: iya kakak ngerti, tapi kan Tiara jadi kehausan dung klo seharian gak minum, sementara Tiara gak puasa.
Tiara: iya ne kak, bibir Tiara sampai pecah-pecah karena kehausan.
Saya: tuh kan, kakak bilang juga apa?

Tiba-tiba datang lagi satu anak perempuan SD yang ternyata temannya Tiara, namanya Zaskia.
Zaskia: Tiara kakak kamu belum datang?
Tiara: belum, kita tungguin ya Zas?
Saya: memangnya kalian satu komplek? yaudah sini dulu aja nemenin kakak.
Zaskia: emang kakak mau ngapain disini?
Saya: mau lihat anak tawuran (upz keceplosan), maap ya adek-adek jadi ngomongin tawuran.
Zaskia: santai aja kak, saya juga sering lihat tawuran disini kok, malah saya pernah lihat waktu itu ada yang kebacok kak, sampai lukanya parah banget, darahnya banyak banget.
Tiara: saya juga waktu itu pernah lihat teman-teman saya anak SD pada tawuran di dekat sekolah saya.
Saya: waduh, kok bisa begini ceritanya, kamu kan masih SD kok sudah tahu tentang tawuran sih?
Zaskia: soale yang tawuran gak cuma anak SMA kak, anak SD sekarang juga sudah pada tawuran kak.
Saya: waduh bahaya ne kalau begini, terus kamu gak nasehati teman kamu yang tawuran?
Tiara: ah males kak, yang ada mereka malah bentak-bentak saya kak.

Saya terheran mengetahui betapa anak-anak kecil sekarang suda tahu sesuatu yang belum waktunya. Bagaimana tidak heran, masa anak SD sudah paham tentang dunia tawuran?
Saya: kok mereka cuma nongkrong ya?
Zaskia: kayaknya gak bakal tawuran dech kak?
Saya: lho kok kamu tahu?
Zaskia: setahu saya kalau begitu mereka cuma nongkrong doang kak.
Tiara: naek angkot yuk? kakak saya lama sepertinya.
Saya: tidak usah, nanti kakak antar sampai rumah.
Zaskia: beneran kak? soale mamah saya gak bisa jemput, mamah lagi ngerawat papah yang sakit.
Saya: papah sakit apa dek?
Zaskia: papah kecelakaan motor di Jakarta waktu pulang kerja, kaki dan tangannya patah tulang.
Saya: tapi sudah di bawa ke rumah sakit kan?
Zaskia: sudah kak, sekarang lagi pengobatan alternatif di rumah.
Saya: semoga cepat sembuh ya dek, saya turut berduka ya?
Zaskia: iya makasih kakak.
Saya: terus mamah kerja apa?
Zaskia: mamah buka warnet di rumah, oya kemaren ada kejadian lucu kak di warnet saya.
Saya: apaan tu?
Zaskia: masa ada pengunjung warnet ngambil dompet mamah saya, pas mamah saya teriak-teriak sadar dompetnya hilang, dia langsung ngaku kalau yang ngambil dompetnya dia.
Saya: ya Allah, anak SMA yang ngambil?
Zaskia: anak SD seumuran sama saya kak.
Saya: masya Allah kok bisa ya? kasihan banget tu anak, masih kecil sudah jadi maling.
Zaskia: mamah sudah maafin dia, tapi mamah sudah tidak mengijinkan dia buat maen warnet di rumah saya.
Saya: iya dech kalau begitu.

Sesungguhnya saya sedang bingung, sebegitu cepatnya perkembangan teknologi dan informasi, hingga anak-anak Indonesia pada dewasa sebelum waktunya. Jika dewasa itu tentang ilmu dan pengetahuan masih mending, lha ini kedewasaan mereka tentang hal-hal yang mustinya mereka belum layak untuk tahu, masya Allah.


0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog