Friday, February 04, 2011

Fenomena Motor . . .

Selama kredit motor, baru kali ini saya nunggak bayar sampe TIGA BULAN.

Biasanya saya rutin bayar SETIAP BULANNYA.

Saya telat bayar juga karena sedang ada KEPERLUAN PENTING.

Sebenarnya tidak mau menunggak, karena resikonya pasti terkena DENDA.


Alhamdulillah tanggal 4 februari saya berniat melunasi semua cicilannya selama tiga bulan BESERTA DENDA-DENDANYA.

Saya datang ke Kredit Finance dengan NIAT BAIK TENTUNYA.

Saya berniat untuk melunasi supaya tidak ada BEBAN HUTANG MENUMPUK.

Tiba disana saya langsung mengambil nomor antrian dan duduk UNTUK MENUNGGU GILIRAN.

Setelah dipanggil saya langsung maju ke depan menemui petugas, dan ternyata nama saya SUDAH DI BLOKIR.

Saya harus mengurus ke lantai EMPAT untuk membuka blokiran.


Dialog saya dengan petugas di lantai empat:

Saya: maaf pak, saya kemaren sedang ada musibah jadi menunggak sampai tiga bulan.

Petugas: yang pasti ibu harus membayar tiga bulan penuh, denda, dan biaya tarik 500.000.

Saya: saya tidak bermaksud menunda pembayaran, tapi saya benar-benar sedang ada musibah.

Petugas: saya bukannya tidak mau tahu bu, tapi ini sudah konsekuensi.

Saya: maksudnya biaya tarik apa ya?

Petugas: tanggal jatuh tempo ibu tanggal 5 februari, jadi besok jika tidak dilunasi maka motor ibu akan ditarik.

Saya: tapi kan belum jatuh tempo yang ketiga bulan pak?

Petugas: aturannya memang demikian, tidak dibayar sampai tiga bulan maka akan ditarik, dan jika akan dilunasi maka harus membayar biaya tarik sebesar 500.000.

Saya: kalau cuma dibayar cicilan dan denda bisa gak pak?

Petugas: tidak bisa bu, uang biaya tarik harus dibayar sekarang.

Saya: owh.

Petugas: motor ibu ada dimana?

Saya: ada di bawah pak saya bawa kesini.

Petugas: yaudah, kalau ibu tidak bayar maka motor akan ditarik.

Saya: kok tidak ada petugas yang datang kerumah untuk mengingatkan ya pak?

Petugas: pasti ada tapi mungkin ibu tidak ada di rumah.

Saya: seingat saya tidak ada lho pak.

Petugas: itu petugas lapangan yang datang ke ruamah ibu, tapi semestinya pasti ada.

Saya: semuanya berapa pak?

Petugas: 2.300.000.

Saya: denda boleh dibayar bulan depan gak pak?

Petugas: yaudah boleh, jadi sekarang bayar 2.000.000 saja.

Saya: terima kasih ya pak.

Petugas: sama-sama bu.


Nyesek sebenarnya, nyesek karena KAGET LIHAT ORANG GEDE TINGGI.

Mungkin orang itu memang bagian eksternal kantor sepertinya.

Atau istilah kerennya BAGIAN PENARIKAN BARANG.

Nyesek juga karena uang buat makan kepakai buat BAYAR MOTOR.

Ha ha ha ha ha.

Coba saya tahu ada BIAYA TARIK?

Pasti saya tidak akan NUNGGAK BAYAR CICILAN.

Tapi tetap harus bersyukur, karena MOTOR TIDAK JADI DITARIK.

He he he he he.


Jadi ingat percakapan dengan teman pada malam harinya:

Teman: saya belum bayar uang sekolah ne.

Saya: yaudah bayar dung.

Teman: saya ada uang 1juta.

Saya: yaudah bayarin semuanya saja biar ngurangi beban.

Teman: lha saya makan apa kalau dibayarin semua?

Saya: yang penting kan utang sudah lunas?

Teman: terus saya makan dari mana?

Saya: hahahaha, terserah kamu.

Teman: sekarang gini, kamu punya uang terus kamu punya hutang cicilan motor, masa kamu bayarkan untuk cicilan semua? sementara kamu tidak punya uang untuk makan bulan ini.

Saya: kalau saya mending milih bayar hutang dulu, makan mah belakangan.

Teman: kalau saya milih makan, karena kalau gak makan kita gak bisa beraktivitas.

Saya: gak enak soalnya klo punya utang.

Teman: iya saya tahu, tapi kan kita musti bertahan juga.

Saya: hehehehe, anda juga betul.


Saya lagi ngebayangin ajah, orang-orang Jakarta yang pada berani ambil motor, tapi tidak sedikit yang MENUNGGAK BAYARAN.

Fenomena motor di Jakarta memang LUAR BIASA BESAR.

Syarat mengambil motor tidak lagi SUSAH, tetapi sangat GAMPANG.

Sehingga banyak orang yang mengambil motor untuk TRANSPORTASI PRIBADI.


Saya pernah dengar cerita, ada orang yang mengambil motor biasanya yang tanpa DP.

Dia sengaja tidak membayar motor tersebut selama TIGA BULAN.

Karena setelah tiga bulan tidak dibayar, maka MOTOR DIAMBIL.

Dia tidak peduli motor diambil, kata dia: YANG PENTING SAYA PUNYA MOTOR MESKI HANYA TIGA BULAN SAJA.


Ha ha ha ha.

Parah banget ya.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog