Tuesday, August 31, 2010

Teman Dan Sahabat...

Teman adalah sosok manusia yang dibutuhkan oleh semua orang, teman adalah sosok manusia yang bisa menjadi tempat untuk berkeluh kesah atas persoalan-persoalan yang sedang dihadapi oleh seseorang.

Manusia membutuhkan teman dalam hidupnya, karena tanpa teman manusia tidak bisa eksis secara sempurna.

Pertemanan antar manusia membuktikan bahwa dalam hidup bermasyarakat orang tidak bisa hidup sendirian, secara nurani dan secara realitas manusia membutuhkan orang lain untuk mensupport aktivitas-aktivitasnya.

Logikanya berteman bisa dengan siapa saja tanpa melihat status sosial, jenis kelamin, kasta, trah, suku, ataupun agama. Karena sejatinya semua manusia adalah makhluk yang baik dan mendambakan kedamaian.

Pertemanan hendaknya memberikan banyak kemanfaatan dan pelajaran bagi satu sama lainnya, sehingga tidak ada kesia-siaan dalam sebuah pertemanan. Kemanfaatan tersebut bisa diperoleh misalnya dengan menjalankan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat seperti: berdiskusi bersama, mengkaji buku bersama, pergi menghadiri seminar, berbagi persoalan hidup, menajalankan bisnis bersama, berpetualang bersama, saling memberi, dan saling mengerti.

Ada teman yang baik dan ada pula teman yang tidak baik, teman yang baik biasanya selalu ada di samping sahabatnya baik dalam keadaan suka maupun duka, sedangkan teman yang tidak baik biasanya ada ketika sahabatnya dalam keadaan ada saja.

Idealnya tidak perlu ada teman yang tidak baik, karena teman yang tidak baik akan menyengsarakan sahabatnya. Tapi toh secara realitas sifat manusia sangat beragam dan tidak semua orang akhlaknya bagus, ada sebagian lagi orang yang akhlaknya kurang bagus atau tidak sesuai dengan aturan-aturan yang ada di masyarakat.

Berikut ini ciri-ciri teman yang baik:

1. Dia selalu ada saat dibutuhkan

2. Bisa mendengarkan curhat

3. Memberikan motivasi dan saran-saran

4. Sesekali memberikan hadiah

5. Menemani saat dibutuhkan

6. Jarang menyalahkan

7. Tidak merasa paling benar sendiri

8. Bisa memahami dan toleran terhadap perbedaan

9. Menerima kekurangan

10. Menghargai kelebihan temannya

Berikut ini ciri-ciri teman yang tidak baik:

1. Dia ada saat ada kepentingan

2. Tidak bisa diajak curhat

3. Jarang memberi motivasi

4. Jarang memberi hadiah bahkan tidak pernah sama sekali

5. Sering menyalahkan

6. Merasa paling pintar dan paling benar

7. Tidak toleran terhadap perbedaan

8. Mencaci kekurangan temannya

Ciri-ciri yang pertama bisa dikategorikan sebagai seorang sahabat, sedangkan kategori yang kedua mungkin hanya disebut sebagai teman. Untuk mendapatkan teman tidak perlu waktu yang lama, karena teman bisa ditemukan dimana saja dan dalam acara apa saja. Sedangkan untuk mendapatkan sahabat perlu waktu yang sangat lama, karena bersahabat dibutuhkan saling pengertian dan saling memahami satu sama lainnya.

Makanya jumlah teman relatif lebih banyak dibandingkan dengan jumlah sahabat, teman lebih pada kuantitas sedangkan sahabat lebih pada kualitas.

Meskipun demikian tentang teman, bukan berarti teman boleh semena-mena dengan teman-temannya. Seharusnya teman-teman yang ada bisa beralih peran menjadi sahabat-sahabat, sehingga dalam pola perhubungan tidak akan ada lagi konflik dan pertikaian karena salah persepsi misalnya.

Seandainya semua teman menjadi sahabat, maka tidak akan ada lagi teman makan teman, tidak akan ada lagi teman menggunjingkan temannya, tidak akan lagi teman bertengkar dengan temannya, tidak akan ada lagi saling bermusuhan, tidak akan ada lagi main belakang, dan tidak akan ada lagi saling iri dengki.

Yang perlu diherankan dalam iklim pertemanan di negara Indonesia, masih banyak kasus teman yang menggunjingkan temannya di belakang. Dia membongkar aib temannya di depan teman-teman lainnya, sementara ketika di depan teman tersebut dia pura-pura tidak ada masalah. Ini menurut saya menjadi penting, karena jika iklim ini terus dipelihara makan akan menimbulkan hal-hal berikut:

1. Orang menjadi tidak terbuka

2. Orang menjadi tidak jujur

3. Orang yang dikritik tidak pernah tahu kesalahannya

4. Menumbuhkan bibit-bibit kemunafikan

5. Menumbuhkan kasih sayang palsu

6. Mengembangkan iri dengki

7. Menyakiti perasaan orang yang digunjingkan

8. Memunculkan iklim sosial yang tidak sehat

Hal-hal yang harus kita lakukan agar tidak menyakiti teman yaitu:

1. Mulailah dari sekarang untuk menyayangi teman kita selayaknya sahabat

2. Kritik teman kita seperti mengkritik diri sendiri

3. Beri tahu kekurangan teman dan kasih masukan-masukan untuk memperbaikinya

4. Support dia dengan sepenuh hati

5. Hargailah pendapat teman yang berbeda dengan kita

6. Berbaik sangkalah terhadap teman kita

7. Jangan mengklaim teman yang berbeda pemikiran dengan kita

8. Jika ada orang lain yang menggunjinkan teman kita, ajaklah mereka untuk berhenti menggunjing

Semoga kita bisa menjadi sahabat-sahabat buat teman-teman kita, amien.


0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog