Thursday, August 19, 2010

Aku Cinta Indonesiaku....

Indonesia adalah negara yang membanggakan buat saya secara pribadi, dan saya juga yakin 100% bahwa Indonesia juga merupakan negara yang membanggakan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak membanggakan saya, Indonesia adalah negara yang sangat sempurnya menurut saya, kesempurnaan itu terlihat nyata dan bisa dirasakan oleh semua warga negara Indonesia. Mari kita ingat bersama-sama apa yang dimiliki oleh negara Indonesia tercinta ini:

1. Indonesia punya minyak bumi
2. Indonesia punya tambang emas
3. Indonesia punya timah
4. Indonesia punya batu bara
5. Indonesia punya hutan-hutan
6. Indonesia punya pegunungan-pegunungan
7. Indonesia punya tempat wisata yang sangat banyak
8. Indonesia punya tanah yang subur
9. Indonesia punya garam
10. Indonesia juga punya penduduk yang banyak

Tentu saya tidak akan bisa menyebutkan satu persatu apa yang dipunyai oleh Indonesia tercinta kita. Indonesia menurut saya terlalu sempurna untuk bisa didefinisikan menggunakan kata-kata tekstual. Keindahan dan kesempurnaan Indonesia hanya bisa diterjemahkan dengan bahasa tekstual dan kontekstual. Keelokan Indonesia hanya bisa dicerna oleh orang-orang yang punya sugesti dan nurani.

Enam puluh lima tahun Indonesia merdeka/bebas dari penjajah Belanda dan Jepang, enam puluh lima tahun sudah Indonesia bisa hidup tanpa kekangan dan tanpa penderitaan. Merdeka artinya lepas dari kungkungan baik secara substansi maupun secara fisis. Penterjemahan kemerdekaan memang sangat beragam dan multi tafsir, tapi tentu semua pasti sepakat bahwa secara fisis Indonesia benar-benar telah merdeka dari penjajahan, meskipun secara substansi Indonesia masih harus banyak membenahi diri demi kebaikan Indonesia di masa yang akan datang.

Negara dimanapun berada pasti tidak akan lepas dari persoalan-persoalan, karena persoalan-persoalan dalam negara akan membuat negara tersebut lebih dewasa. Tidak layak sepertinya jika hanya bisa mencemooh kekurangan-kekurangan yang dimiliki Indonesia. Yang patut menurut saya adalah bagaimana agar kita sebagai warga negara Indonesia yang baik mampu memberikan sumbangsih riil buat kemajuan dan kejayaan negara Indonesia tercinta.

Tanggal 17 Agustus 2010 hari selasa lalu adalah hari ulang tahun negara Indonesia yang ke 65 tahun, semua warga negara serentak merayakan kemerdekaan Indonesia dengan suka cita. Meskipun pada ulang tahun kali ini hampir tidak ada perlombaan-perlombaan karena puasa, semarak kemerdekaan Indonesia tetap bisa dirasakan dengan damai. Masyarakat di berbagai belahan Indonesia mengadakan upacara bendera untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia tercinta.

Pagi itu saya telah siap-siap untuk berangkat ke sekolah dalam rangka mengikuti upacara bendera tanggal 17 Agustus, saya mengayuh sepeda motor saya dengan semangat 45, dan sepanjang jalan saya mencoba melantunkan lagu tujuh belas agustus agar semangat saya tidak luntur. Sesampai di sekolah saya langsung masuk barisan untuk mengikuti upacara bendera yang sebentar lagi akan dimulai. Wajah haru dan bangga terpancar di paras ayu murid-murid SD, SMP, SMA, dan SMK Muhammadiyah. Seragam Hizbut Wathan dengan warna hijau tua dan biru dongker ikut menyemarakkan pandang mata. Saya menitikkan air mata ketika bendera merah putih dikibarkan bersamaan dengan dinyanyikannya lagu Indonesia raya. Sekali lagi saya ingin bilang bahwa: saya bangga menjadi warga negara Indonesia dan saya bangga lahir di tanah air Indonesia.

Mulai saat ini sepertinya kita harus beroptimis ria penuh gairah, yakinkan diri kita masing-masing bahwa Indonesia adalah negara hebat yang akan mampu mengatasi persoalan-persoalannya secara sempurna. Tentu semua komponen masyarakat tidak boleh membuang muka, masing-masing harus sadar dengan sepenuh jiwa bahwa keburukan dan kekurangan Indonesia adalah menjadi tanggung jawab bersama-sama. Semangat untuk selalu membangun Indonesia dan semangat untuk selalu membuat Indonesia lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Amien.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog