Friday, August 27, 2010

Puasa Ramadhan 2010...

Puasa ramadhan merupakan aktivitas yang ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, karena puasa ramadhan memberikan banyak nilai dan hikmah bagi yang menjalankannya. Puasa tidak hanya menahan makan dan minum tetapi juga menahan nafsu-nafsu yang bisa membatalkan puasa ramadhan. Tidak ada yang berat dari puasa, karena belum pernah ada kejadian orang sakit parah gara-gara puasa ramadhan. Justru yang ada orang bisa sembuh dari sakit magh karena rajin berpuasa.

Idealnya semua umat Islam wajib menjalankan puasa, karena puasa ramadhan memang diharuskan bagi umat Islam di seluruh dunia. Tapi tentu idealisme tidak selalu mulus karena dalam kenyataan hidup banyak hal-hal yang bisa mengikis idealisme. Warung makan yang seharusnya tutup di bulan ramadhan ternyata masih tetap buka, restoran, rumah makan, penjual minuman di jalan juga masih tetap buka seperti hari biasa. Tentu tidak akan berpengaruh terhadap orang-orang yang memang niat puasanya bagus dan tanpa pamrih, tetapi tentu akan sangat berpengaruh bagi orang-orang yang niat puasanya hanya setengah-setengah.

Dalam kenyataannya ada banyak orang Islam yang tidak puasa karena berbagai alasan seperti: tidak kuat haus, terpengaruh teman, karena ada warung yang buka, dan karena menganggap puasa tidak harus dilaksanakan. Sebenarnya dalam konsep beragama lebih bagus yang bernilai kualitas dari pada kuantitas. Artinya bahwa beragama itu akan baik dan cantik ketika tanpa paksaan dan dijalankan dengan ikhlas.

Terlepas dari hal di atas, ada sesuatu yang menarik di bulan ramadhan tahun ini yaitu:
1. Cuaca tiba-tiba tidak terlalu panas seperti sebelum puasa.
2. Hujan jadi sering turun pada siang hari.
3. Jalanan menjelang maghrib menjadi agak sepi dibanding sebelum puasa.
4. Banyak penjual makanan mengais rejeki.
5. Hari-hari terasa damai dan indah.

Bukan berlebihan tentu, jika masing-masing orang mengharap akan hikmah dari puasa yang dijalankannya, karena sesungguhnya Tuhan akan memberikan balasan bagi orang-orang yang berpuasa. Tetapi akan lebih elit lagi seandainya orang memahami puasa bukan dilihat dari pahalanya, akan tetapi substansi diwajibkannya puasa bagi umat Islam di seluruh dunia.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog