Saturday, June 05, 2010

Saung Wira Ciawi

Sore hari berangkat dari Jakarta dengan menggunakan sepeda motor, berangkat sekitar pukul 17.00 wib dan alhamdulillah pukul 19.30 wib sudah tiba di tempat kegiatan. Seharusnya saya mengisi pukul 21.00 wib, tapi karena pembicara pertama belum datang, saya harus tukar tempat dengan pembicara pertama. Karena sudah siap dan materi sudah ada, sayapun mengiyakan panitia untuk menjadi pembicara pertama dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan mahasiswa universitas muhammadiyah jakarta.

Bahagianya melihat peserta sekitar 50 orang yang terlihat riang gembira mengikuti acara pelatihan tersebut, meskipun dingin dan lampu beberapa kali mati semangat mereka tetap berkobar dan tidak menurun. Saya mencoba melibatkan peserta pelatihan untuk aktif memainkan peran, ikut game, belajar berkomunikasi yang baik, dan belajar bersama bagaimana caranya melakukan komunikasi.

Ringkasan materi tentang komunikasi efektif adalah sebagai berikut:

MACAM-MACAM KOMUNIKASI:
-Komunikasi lisan
-Komunikasi tertulis
-Komunikasi langsung
-Komunikasi tidak langsung
-Komunikasi formal
-Komunikasi informal
-Pidato
-Wawancara
-Perintah
-Ceramah
-Komunikasi pribadi
-Komunikasi kelompok

TUJUAN KOMUNIKASI
-PERSONAL DISCOVERY
-BERHUBUNGAN
-UNTUK MEYAKINKAN
-UNTUK BERMAIN

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
-Gunakan kata-kata yang mudah dipahami
-Sesuai dengan data dan fakta
-KISS : Keep It Short and Simple
-Kondisional

TIPS-TIPS AGAR KOMUNIKASI EFEKTIF
-Gunakan kalimat seefektif mungkin
-Jangan mengulangi pembicaraan yang kurang penting
-Jangan berbicara terlalu lambat
-Hindari gumaman terlalu sering
-Hindari humor yang tidak perlu
-Jangan berbicara terlalu cepat/tergesa-gesa

12 KOMUNIKASI YANG SALAH:
-MEMERINTAH
-MENYALAHKAN
-MEREMEHKAN
-MEMBANDINGKAN
-MENGKLAIM
-MENGANCAM
-MENASEHATI
-MEMBOHONGI
-MENGHIBUR
-MENGKRITIK
-MENYINDIR
-MENGANALISIS

Selesai acara saya mencoba untuk istirahat, saat itu waktu menunjukkan pukul 23.30 wib. Saya langsung tidur dan berniat bangun pukul 03.00 pagi, saya bangun sepagi itu agar pukul 06.00 wib bisa tiba di sekolah sma muhammadiyah 18 jakarta selatan untuk mengawas ujian akhir semester genap.

Alhamdulillah pukul 05.00 wib saya sudah tiba di ciputat dan tidak jauh lagi dari sekolah saya. Pagi itu jalanan sungguh lancar dan lengang, yah semua orang tahu bahwa jakarta dan sekitarnya akan sangat sepi dan lengang pada pukul 23.00-06.00 wib. Saya beruntung kerena diberi keselamatan oleh Tuhan, meskipun malam harinya hujan deras, jalanan tidak begitu licin dan membahayakan.

Selamat berpelatihan ria bagi teman-teman mahasiswa umj hingga hari minggu. Dan selamat buat anak-anak sma muhammadiyah 18 jakarta selatan yang telah menyelesaikan ujian akhir semester, semoga hasil nilainya memuaskan dan menggembirakan, amien.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog