Thursday, February 11, 2010

Pelajar Hebat....

Hari rabu tanggal 10 februari saya menemani murid-murid saya lomba band di istora senayan. Lomba tersebut digelar dalam rangka pameren perguruan tinggi, dan lomba tersebut diikuti oleh sma dan smk sedejabotabek, bahkan ada beberapa yang dari luar dejabotabek. Saya dan murid-murid saya datang sekitar pukul 19.00 dan baru tampil sekitar pukul 21.00 karena mulainya agak telat. Kecewa sih enggak cuma sempat keburu-buru saja dan takut terlambat. Tapi apa kata orang kadang memang benar, bahwa budaya terlambat di Indonesia seolah-olah merupakan hal yan biasa-biasa saja.

Anak-anak sempat ke luar istora dan nongkrong di luar gedung, saya dengan ditemani mbak eny mencoba untuk melihat penampilan band dari sekolah lain, luar biasa ternyata band-band yang saya lihat penampilannya keren habis, dan saya pikir ini adalah segi positif dari kelebihan para pelajar. sekitar pukul 21.00 madani band yang tidak lain adalah murid saya tampil, bagus dan sangat keren menurut saya. Saya bangga mempunyai murid seperti mereka, meskipun suara Yudi sebagai vokalis kurang begitu jelas. Tapi seperti apapun saya tetap bangga dan mensupport mereka agar terus berkarya.

Kamis pagi anak-anak saman yang muridku juga tampil pukul 09.00 pagi. Anak-anak pemain yang jumlahnya 15 orang sudah datang di sekolah pukul 05.00 pagi. Mereka saya minta datang lebih awal untuk persiapan mack up, dan karena yang mack up satu jadi harus bergantian satu sama lain. Sekitar pukul 08.00 semua telah selesai dan karena kopaja sudah lama menunggu maka pemain, guru, dan supporter sama-sama berangkat menuju istora senayan. Alhamdulillah pukul 08.30 sudah tiba di istora senayan dan langsung daftar ulang.

Kurang lebih pukul 09.30 saman dari dosqi 18 akhirnya tampil juga. Sebelum tampil anak-anak sempat grogi saat di belakang panggung, mereka grogi karena lihat anak-anak saman dari sekolah lain yang kata anak-anak lebih bagus. Melihat suasana itu saya langsung bilang: "nyantai saja dek, baju kalian lebih keren kok dari pada baju mereka." Saya lihat mereka tersenyum dalam pesimisme, saya sebenarnya sedih tapi saya tetap ingin murid-murid saya tetap semangat dalam ketakutan dan kegelisahan.

Akhirnya saman dosqi 18 tampil juga, dan menurut saya penampilan mereka sungguh luar biasa, saya bangga sama murid-murid saya tersebut, di usia mereka yang masih remaja mereka menghasilkan satu karya berupa ketrampilan. Karena realitas masyarakat mengatakan kepahitan bahwa anak-anak remaja cenderung pada hal-hal yang kurang baik seperti: tawuran pelajar, free seks, narkoba, dan melakukan kegiatan lain yang sifatanya merugikan pihak lain.

Jumat pukul 17.00 tepatnya tanggal 12 februari 2010 hasil yang juara diumumkan secara resmi. Saya sampai istora senayan sekitar pukul 15.30 dan saya menunggu hingga pukul 17.00. Menjelang diumumkan saya agak berdebar tapi juga sadar bahwa jika tidak menang sekalipun tidak mengapa, karena kompetisi musti ada yang mengalah untuk tidak menang, dan ternyata benar band dan saman dosqi 18 belum beruntung pada lomba kali ini. Saya tidak marah sama murid-murid saya, bagaimanapun untuk jadi pemenang itu butuh proses yang tidak pendek.

Tapi saya salut sama anak band yang juara satu, dari sma 9 bekasi. Menurut saya tu group band benar-benar luar biasa, mereka bisa memadukan musik dengan cantik. Tentunya suara vokalisnya juga bagus banget, tinggi habis suaranya. Mereka bisa mengguba lagu lama yang jadul menjadi sangat menarik dan agak-agak rok. Semua tahu bahwa lagu "suasanya di kota santri" adalah lagu jadul habis, dan ternyata bisa di renovasi dengan indah oleh band ini. Setelah direnovasi oleh band ini lagu tersebut menjadi sangat menarik dan enak di dengarkan.

Untuk masalah lomba, para peserta lomba harus sadar dan paham bahwa lomba itu adalah kompetisi. Dan kompetisi itu pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Bagi yang menang hendaknya terus berlatih lagi supaya lebih bagus, bagi yang kalah teruslah berlatih juga dan jangan menyerah karena untuk menang membutuhkan waktu. Dan waktu yang dibutuhkan untuk menjadi juara adalah tidak sesingkat yang diharapkan oleh kita. Kalah bukan berarti kehancuran, justru jadikan kalah ini untuk menambah spirit kedepan agar lebih hebat lagi.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog