Monday, June 06, 2011

Kangen Mbak-Mbak Rohis--

Waktu kuliah di Semarang, saya sempat bergabung dengan Rohis/kerohanian Islam.

Sebenarnya saya nggak sengaja masuk ke kelompok Rohis.

Waktu daftar ulang saya di datangi mbak-mbak yang kebetulan anak Rohis.

Mbak-mbak tersebut menawarkan saya kost-kostan.

Karena saya belum dapat kost, akhirnya saya terima tawaran mbak-mbak tersebut.


Saya bertahan kost bareng mereka selama tiga semester.

Saya nggak berniat memperpanjang tinggal disitu karena beberapa alasan.

Saya memang tidak begitu sepakat dengan aturan-aturan yang diterapkan mbak-mbak di kost.

Menurut saya terlalu ketat dan mengekang kebebasan saya.


Tapi meskipun saya kurang cocok, saya harus akui bahwa banyak hal baik yang sebenarnya bisa kita contoh.

Beberapa hal tersebut yaitu:

1. Mbak-mbak senior saya membiasakan kepada penghuni kost untuk sholat lail.

2. Kami dibiasakan tadarus al-qur'an selepas sholat maghrib.

3. Membaca al-ma'tsurat setelah sholat subuh.

4. Kami adek-adeknya diajak puasa senin kamis bahkan ada yang puasa daud.

5. Mbak-mbak mencontohi kami tentang bagaimana berbusana muslimah yang benar.

6. Kami dilarang pacaran, bersalaman dengan cowok, berboncengan dengan cowok, dan bicara langsung dengan cowok.

7. Saat berbicara dengan lawan jenis, kami diajarkan untuk menggunakan hijab.

8. Kami tidak boleh berdua-duaan dengan lawan jenis kecuali ada teman ketiga.

9. Kami dibiasakan untuk bertutur kata lembut dan santun.

10. Tidak dibolehkan menggunjing dan berbohong.

11. Menyalami sesama muslimah ketika ketemu di jalan.

12. dll--


Menarik sebenarnya, juga sangat baik.

Tetapi sayang, persepsi baik saya kurang sama dengan persepsi baik mereka.

Saya merasa bahwa hidup ini akan indah jika tidak dibatasi seperti di atas.

Saya ingin berekspresi dan menunjukkan bakat saya kala itu.

Dan akhirnya saya merasa harus keluar dari komunitas mereka.


Kini, kadang saya kangen dengan suasana seperti di atas.

Suasana hangat penuh kekeluargaan.

Kehidupan di kost laksana hidup dalam keluarga kandung.

Saling menasehati, membimbing, memberi, membantu, dan mendukung.

Suka dan duka dijalani bersama-sama.

Semua berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir perbuatan dosa.


Mbak-mbak Rohis adalah sosok perempuan santun, manis, dan sangat alim.

Mereka komitmen dengan aqidah Islamiyah.

Mereka menghindari sesuatu yang mendekati zinah seperti pacaran.

Bukan tidak mau menikah, mereka manusia normal yang ingin melangsungkan kehidupan.

Mereka menikah tidak melalui pacaran tetapi melalui ta'aruf yang dijembatani oleh para murabbi mereka.


Sayang, saya sudah nggak tahu dimana keberadaan mereka.

Selepas dari UNNES saya langsung kabur merantau ke Jakarta.

Dan ketika ke Semarang, saya sudah tidak menemukan jejak mereka.

Maklum, hampir sebagian besar mbak-mbak saya sudah lulus kuliahnya.

Dan hampir dari mereka sudah berkeluarga dan meninggalkan Semarang.


Meskipun saya sering membantah mbak-mbak saya pada waktu itu.

Tapi saya sangat sayang dengan mereka semuanya.

Saya membantah bukan benci, tetapi karena saya ingin tahu semuanya secara detail dan logis.

Saya tidak hanya membantah, tetapi kadang juga tidak menuruti apa kata mereka.

Bahkan saya tahu bahwa mbak-mbak saya tersebut sering sedih melihat tingkah saya yang bandel.


Ehm, saya cuma ingin bilang bahwa meskipun saya kurang sepakat dengan prinsip mbak-mbak saya.

Tetapi sepertinya metode di atas bisa digunakan untuk mengatasi persoalan remaja di ibu kota.

Beberapa persoalan remaja di ibu kota seperti:

1. Free seks

2. Narkoba

3. Tawuran

4. Judi

5. Mabok

6. dll--

Sepertinya bisa dikurangi, jika remaja kita menjalankan agama dengan benar.

Jika remaja kita takut akan dosa.

Jika remaja kita takut akan potret buram masa depannya.


Nyilu melihat kondisi remaja saat ini yang posisinya sebagai generasi muda penerus bangsa.

Tentu ini tanggung jawab kita secara bersama-sama.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog