Sunday, May 22, 2011

Cerita Tentang Pak Polisi...

Saya kok jadi parno sama POLISI ya?
Nggak logis sebenarnya, apalagi saya ngajar PKn yang nggak bakal lepas ama HUKUM di Indonesia.
Saya trauma dengan polisi setelah mengalami beberapa KEJADIAN.


Almarhum adek saya ketika SMA pernah di tonjok PERUTnya sama POLISI.
Gara-garanya dia MENTERTAWAKAN polisi yang jatuh dari MOTOR pasca MENILANG adek saya.
Adek saya ditilang karena teman yang diboncengnya tidak memakai HELM.
Setelah menilang POLISI itu jatuh dan ditertawakan oleh adek saya.
Karena malu dan TIDAK TERIMA di tertawakan, dia menghampiri adek saya dan teman adek saya.
Adek saya ditonjok di bagian PERUT sedangkan temannya di TAMPAR di pipi kiri dan kanan.


Waktu kuliah di SEMARANG, saya sering ketilang POLISI gara-gara belum punya SIM.
Semarang termasuk sangat sering terjadi RAZIA polisi.
Saya kerap NGUMPET-NGUMPET ketika melihat RAZIA polisi, tapi sepertinya saya kalah PINTER sama tu POLISI.
Seolah saya memang sudah di takdirkan KETILANG sama polisi.
Saya memang salah karena belum membuat SIM tetapi sudah berani naik MOTOR.
Tapi saya tidak penrah mau kalah sama polisi, meski salah saya tetap NGOTOT setiap kali ketilang.


Saya juga pernah dengan cerita teman kuliah saya, yang ketilang POLISI karena menerobos LAMPU MERAH.
Dia buru-buru karena ada wawancara kerja, waktu itu kami baru saja LULUS Sarjana.
Polisi tidak mau tahu alasan Ruhadi dan tetap MENILANGnya.
Padahal teman saya sedang BURU-BURU dan tidak mempunyai UANG.
Uang yang dia pegang hanya cukup untuk membeli BENSIN.


Tapi kakak sepupu saya menikah dengan POLISI.
Tentu saya tidak MEMBENCI kakak ipar saya itu, hehehe.
Saya juga sempat disukai sama polisi, tapi saya MENOLAK dengan baik-baik.
Mohon maaf, bukannya anti POLISI, tetapi waktu itu belum MAU saja.
Padahal polisi yang SUKA sama saya baik banget orangnya, pendiam dan RAMAH.


Di Jakarta saya juga beberapa kali KETILANG karena melanggar LAMPU MERAH.
Beneran, pelanggaran itu tidak saya sengaja dan lebih karena SAYA meleng tidak NGEH sama LAMPU MERAH yang sudah nyala.
Tapi saya masih BERUNTUNG, beberapa kali ditilang tersebut saya DIBEBASKAN karena saya guru PKn.
Terima kasih ya BAPAK POLISI, ternyata engkau masih MEMIHAK kepada kaum GURU.
Tentu tidak akan saya ULANGI lagi, dan saya akan lebih cermat terhadap LAMPU LALU LINTAS dan RAMBU jalan raya.


Terakhir motor saya KETILANG setelah WISUDA murid-murid saya yang kelas XII.
Saya punya SIM dan STNK, tapi saya kurang beruntung karena ketika kena RAZIA, SIM dan STNK tidak kebawa.
Akhirnya saya memutuskan untuk DITILANG dan tidak mau DAMAI, hahaha.
Seumur-umur selama bawa motor, baru kali ini mau menghadapi SIDANG tilang motor.
Nikmati sajalah dan jadikan PENGALAMAN hidup, biar ngerasain gimana rasanya SIDANG tilang motor.


Selain kasus TILANG, saya juga sering berhadapan dengan POLISI baik di JALAN maupun di KANTOR POLISI.
Kebetulan saya sedang penelitian yang subjek PENELITIANNYA berhubungan sama POLISI.
Beberapa kali saya keluar masuk kantor polisi sekedar jadi SAKSI atau menjenguk beberapa teman muda saya.
Terakhir, KTP saya sempat diminta sama polisi karena ketika polisi mendatangi TONGKRONGAN saya sedang berada disitu.
Polisi yang saya hadapi sering KASAR dan MENAKUTKAN, wajar mungkin yang saya tongkrongi menurut persepsi polisi adalah tongkrongan yang tidak BAIK.
Mungkin KETEGASAN polisi tersebut sebenarnya bukan untuk saya.
Tapi karena saya berada disitu, saya merasa itu ditujukan kepada saya.


Padahal saya pernah beberapa kali mengajar POLISI.
Tapi memang beda tempat beda RASA.
Ketika saya mengajar POLISI saya begitu enjoy dan SANTAI.
Tapi dalam sisi lain saya benar-benar TRAUMA dengan polisi.


Mungkin pembelajaran buat kita adalah:
Jangan menilai SESEORANG secara subjektif (menurut pendapat kita), karena SUBJEKTIFITAS tidak selalu benar.
Dan ketika kita TIDAK SUKA dengan sesuatu HAL, jangan sekali-kali kita mengeneralisir yang lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog