Monday, March 22, 2010

Pengabdian Masyarakat di Surakarta,,,

Kesepakatan untuk berangkat ke Surakarta sebenarnya pukul 07.00 Wib, tetapi namanya rombongan pasti ada satu dua orang yang tidak satu pemikiran. Karena ada yang datang terlambat, maka akhirnya keberangkatan dilangsungkan sekitar pukul 09.00 Wib, dan itu artinya molor sekitar dua jam. Sebenarnya agak sebel sedikit, tapi dipikir lagi masing-masing orang kan kepentingannya berbeda-beda, sehingga saya mencoba untuk menerima apapun keadaannya.

Perjalanan dimulai dengan dipimpin do'a oleh Pak Wawan, dan semua teman-teman saya berdo'a dengan khidmat dan tulus. Perjalananpun dimulai dan saya membuat kesepakatan dengan sopir agar melewati jalan pantura saja, karena pantura saya pikir lebih cepat dan jalannya lumayan bagus. Perjalanan dimulai dengan riang gembira, dan ketika siang hari saya dan teman-teman saya mampir di Indramayu kampus Pak Suwardi, saya dan teman-teman saya dijamu makanan istimewa yaitu: makanan laut dan sekaligus dinikmati di pinggir laut. Makanan-makanan yang disajikan seperti: udang besar, cumi-cumi besar, ikan bawal, ikan-ikan lain, kangkung, sayur asem, teh tawar, dan es kelapa muda. Tidak tanggung-tanggung, jumlah yang disajikan sangat-sangat banyak dan bahkan sampai sisa-sisa.

Setelah selesai makan, saya dan teman-teman merasa sangat kekenyangan bahkan sangat kekenyangan, bahkan ada beberapa bapak-bapak dan ibu-ibu yang kesulitan bangun gara-gara kekenyangan, hehehe. Perjalanan dilanjutkan kembali dan saya melihat teman-teman saya tetap ceria disepanjang perjalanan, mungkin karena perjalanan dilakukan pada siang hari, sehingga kurang nyaman untuk tidur.

Perjalanan dilalui dengan senang sambil menyaksikan daerah-daerah yang bagi teman-teman saya cukup asing, karena kebetulan teman-teman saya banyak yang berasal dari luar Jawa, berbeda dengan saya yang asli orang Jawa Tengah, sehingga jalan pantura sudah sangat saya hafal. Malam hari sekitar pukul 20.00 Wib saya dan teman-teman berhenti di daerah Banyumanik untuk istirahat dan makan malam. Setelah makan saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan, saya dan teman-teman sampai di hotel Keprabon Surakarta sekitar pukul 00.10 Wib, sudah sangat malam bahkan sudah pagi terhitungnya.

Tiba di hotel Keprabon saya langsung naik kelantai dua untuk meletakkan barang-barang yang saya bawa, setelah saya membagi kamar untuk teman-teman saya tentunya. Satu kamar ada yang dua orang ada pula yang tiga orang dengan tiga kasur. Saya sendiri alhamdulillah dapat yang dua kamar, saya mengajak sepupu saya Fatma untuk menginap di hotel, karena esok harinya saya butuh bantuan Fatma untuk acara penelitian sosial.

Pukul 02.00 malam saya keluar dengan Didik pacarnya Fatma, saya bermaksud pergi ke lokalisasi pelacuran untuk ijin kepada germonya, agar penelitian sosial keesokan harinya bisa berjalan dengan lancar. Alhamdulillah berjalan lancar meskipun saya dan Didik sempat kehujanan. Pulang dari lokalisasi saya langsung masuk kamar bu Ketut minta dikerokin dan dipijitin, perut saya tiba-tiba begah dan sesak sekali. Saya pikir saya hanya masuk angin biasa atau magh saya yang kambuh. Kalau cuma masuk angin biasanya langsung sembuh setelah dikerokin. Setelah di kerokin saya langsung tidur dan ternyata sampai pukul 04.00 Wib perut saya masih sakit dan saya tidak bisa tidur. Akhirnya Fatma bangun dan kembali ngerokin leher saya, setelah itu saya minum tolak angin cair dan alhamdulillah saya bisa istirahat sampai pagi hari.

Pagi hari saya bangun agak telat, langsung siap-siap dan berangkat bareng teman-teman menuju tempat seminar nasional yaitu di STAIN Surakarta. Pukul 09.00 Wib acara baru dimulai, berarti molor sekitar satu jam dari rencana pukul 08.00 WIb. Peserta yang datang adalah guru-guru di Surakarta, teman-teman mahasiswa S3 STAIN Surakarta, dan teman-teman dari S3 UNJ yang tidak lain adalah teman-teman saya sendiri.

Selesai acara saya langsung mengajak teman-teman naik ke bus untuk melanjutkan kegiatan observasi sosial. Kelompok di bagi menjadi empat: kelompok pertama penelitian dengan guru-guru peserta seminar nasional, kelompok kedua ke kraton Kasunanan, kelompok ketiga ke lokalisasi pelacuran, dan kelompok keempat ke pasar Klewer. Bus pertama menurunkan teman-teman saya ke lokalisasi, baru ke kraton Kasunanan, dan terakhir ke pasar Klewer. Sore hari sekitar pukul 17.00 Wib busa rombongan menuju ke Jogjakarta untuk melakukan perjalanan wisata ke Malioboro.

Pukul 19.00 Wib saya dan teman-teman tiba di Kantor Muhammadiyah pusat yang terletak di jalan Kyai Hajin Ahmad Dahlan. Saya dan teman-teman saya disambut oleh Lia anak PP IPM, saya dan teman-teman saya bermaksud menumpang mandi dan sholat, karena perjalanan selanjutnya masih sangat panjang yaitu kembali ke Jakarta. Setelah sholat dan mandi, kami makan oseng-oseng mercon di dekat kantor Muhammadiyah, saya sudah mengingatkan teman-teman saya bahwa oseng-oseng mercon sangat berbahaya bagi perut yang tidak tahan pedas. Tapi ternyata teman-teman saya tetap kukuh ingin mencoba oseng-oseng mercon. Setelah makan saya dan teman-teman langsung jalan ke Malioboro untuk belanja bakpia dan baju khas Jogjakarta.

Malam itu saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan dengan kecapekan. Saking capeknya, saya dan teman-teman tidur begitu pulasnya di bus. Merupakan kebahagiaan bagi pak Haposan dan pak Adam yang suka ngisengin saya dan teman-teman, dengan mengambil gambar saya dan teman-teman yang sedang tidur pulas. Tapi biarlah, membahagiakan orang kan ibadah, makanya saya tidak ambil pusing dengan aksi mereka berdua. Pukul 10.00 Wib saya dan teman-teman sampai juga di Jakarta dengan selamat, masing-masing kami kemudian pulang kekediaman masing-masing, termasuk saya yang menumpang bus hingga Rempoa. Sampai di Rempoa saya langsung naik angkutan umum 08 turun di Pondok Betung.