Tuesday, September 20, 2011

Lele-Lele Loncat-Loncat,,

Waktu itu saya sedang di kampung halaman,

Kala itu pukul 19.30 waktu Indonesia bagian kampung,

Tiba-tiba saudara saya Mbak Jum namanya datang ke rumah saya dengan membawa ember,

Ember tersebut ternyata berisi air sumur,

Mbak Jum: nok ayo anter aku ngambil lele.

Saya: lele dimana mbak?

Mbak Jum: itu di depan rumah Lek Kusmi ada lele jatuh.

Saya: eit, emang punya siapa? kok maen ambil ajah?

Mbak Jum: lelenya Mbah Purah, paling loncat dari embernya Mbah Purah terus ngesot sampe depan rumah Lek Kusmi.

Saya: hahaha, yaudah ambil ajah lah, lumayan kan buat besok sarapan.


Akhirnya saya mengantar Mbak Jum mengambil lele tersebut yang sudah berlumuran tanah,

Ternyata lelenya super besar, tiga kali lipat lele pada umumnya,,

Setelah diambil lele tersebut dibawa pulang oleh Mbak Jum,,

Kebetulan rumah Mbak Jum di belakang persis rumah saya,,


Pagi hari setelah sholat subuh saya dipanggil oleh Embah saya,,

Embah: nok sini?

Saya: iya Embah ada apa?

Embah: ini saya nemu lele jumbo di depan rumah Mbak Jum.

Saya: paling itu lele yang semalam ditemukan sama Mbak Jum Mbah.

Embah: bukan, kata Mbak Jum lele yang di ember rumahnya masih ada kok.

Saya: lha kok bisa pada loncat-loncatan lelenya Mbah Purah?

Embah: kemaren anak Mbah Purah cerita beli lele jumbo se ember penuh.

Saya: terus pada loncat-loncatan gitu lelenya?

Embah: biarin ajah, lagipula buat pelajaran Mbah Purah, dia kan pelit nok.

Saya: hahaha, masa sih pelit?

Embah: bukan pelit lagi tapi sangat medit untuk urusan makanan.

Saya: bisa saja ne Embah.


Akhirnya dua lele tersebut dijadikan satu dan digoreng sama Mbak Jum di rumah saya,,

Bener-bener gede lelenya,,

Saya ajah sampe melongo ngelihatnya,,

Saya disuruh motong sama Mbak Jum menolak,,

Saya tidak tega lihat lelenya masih gerak-gerak,,

Akhirnya Mbak Jumlah yang melakukan pembunuhan terhadap lele tersebut,,


Mbak Jum: nok dosa gak ya klo kita makan lele ini tanpa seijin Mbah Purah?

Saya: gimana ya mbak? enaknya sih ijin biar gak jadi seret di tenggorokan.

Mbak Jum: tapi biarin ajah nok, wong dia kan jarang ngasih makanan ke kita-kita.

Saya: tetep ajah ini lele bukan punya kita Mbak.

Mbak Jum: menurut saya ini sudah takdir, lele-lele ini memang sengaja datang kemari, dia memang menyerahkan dirinya untuk kita makan, lele-lele ini tahu klo kita pengen makan lele goreng, makanya dia kemari.

Saya: hahaha,, bisa ajah ne Mbak Jum.


Tiba-tiba tetangga saya datang, kebetula dia sering maen ke rumah Mbah Purah,,

Tetangga: kok ada lele dapat dari mana?

Mbak Jum: itu sinok yang tadi beli di pasar.

Tetangga: owh, kirain lele dapat dari mana gitu.

Mbak Jum: enggak, sinok yang beli di pasar.


Setelah tetangga saya pulang, saya langsung menoleh ke Mbak Jum,,

Kami pun akhirnya tertawa ngakak bersama-sama,,

Hahahaha,,

Tapi enak juga lele-lele tersebut setelah digoreng sama Mbak Jum,,

Kata adek saya judulnya: "lele colongan enak juga ya?"

Mantab,,

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog