Wednesday, April 23, 2014

Kamar mandi....

Saat kuliah di Semarang saya sering menginap di rumah teman yaitu Afri Listiana, rumah dia di Magelang Kota tidak jauh dari alun-alun.
Tidan tahu mengapa tapi saya senang saja saat menginap di rumah Afri, sepertinya karena orang tua Afri yang sangat senang ketika saya datang dan menginap.
Afri mempunyai satu kakak dengan jenis kelamin laki-laki, usia kakaknya tidak jauh dengan Afri kurang lebih dua tahun di atas Afri.
Tapi sayang, kakak Afri terlalu pendiam sehingga saya tidak berhasil banyak ngobrol dengan dia, paling hanya sekedar senyum dan sapa basa-basi saja seperlunya.
Kakaknya Afri tidak kuliah seperti Afri, kata Afri kakaknya lebih memilih mengalah untuk adek kesayangannya.
Luar biasa sekali ada seorang kakak yang mau mengalah untuk adek satu-satunya, tapi menurut saya itu adalah sebuah tindakan yang kesatria dalam keluarga.

Ada satu cerita lucu dan menggemaskan yaitu bahwa kakak laki-laki Afri saat di kamar mandi suka berlama-lama, bahkan sangat lama sekali.
Lamanya tersebut yaitu bisa satu jam lebih dia enjoy di kamar mandi, sehingga jika saya menginap di rumah Afri ibu selalu berpesan supaya jika saya hendak ke kamar mandi usahakan sebelum kakaknya Afri masuk kamar mandi.
Karena jika sudah keduluan kakak Afri maka saya bisa mules menahan buang air besar dan menahan pipis, hehehe.
Saya tidak tertarik bertanya mengapa begitu?
Bagi saya masing-masing orang mempunyai pilihan untuk melakukan apapun, selama tidak mengganggu kepentingan orang lain.
Nah ini masalahnya adalah kamar mandi di rumah Afri hanya ada satu, sehingga agak repot juga jika kakaknya Afri berlama-lama di kamar mandi, sementara ada orang lain yang sedang menunggu karena mules ingin buang air besar atau buang air kecil.

Ada satu hal lagi yang saya ingat ketika itu, omongan Afri dan ibu yang bilang bahwa: "saya juga bingung, laki-laki kok lama sekali di kamar mandi, ngapain coba di dalam kamar mandi?."
Ungkapan tersebut seolah menyalahkan laki-laki berlama-lama di kamar mandi, tetapi seolah membenarkan bagi perempuan untuk berlama-lama di kamar mandi.
Lagi-lagi itu bicara persoalan culture yang berkembang di masyarakat Indonesia, bahwa laki-laki dan perempuan punya lekatan khusus yang seolah-olah itu menjadi sesuatu yang mutlak.
Padahal urusan kamar mandi menurut saya tidak ada hubungannya dengan laki-laki dan perempuan.
Itu kan hanya soal kebiasaan dan kesenangan di dalam kamar mandi, siapa tahu di dalam kamar mandilah kakaknya Afri menemukan banyak inspirasi tentang hidup dan kehidupan.
Artinya bahwa tidak sedikit juga perempuan yang tidak suka berlama-lama di kamar mandi karena alasan tertentu juga, jadi pengukuran itu hal-hal dalam hidup itu bukan dari laki-laki dan perempuannya tetapi lebih pada persoalan kebiasaan yang ada di masyarakat.

Saya perempuan, tapi tidak ada lekatan tertentu dalam hidup saya soal lama atau tidaknya di dalam kamar mandi.
Kalau saya pribadi semuanya menjadi sangat fleksibel dan tidak kaku.
Saat saya buru-buru karena telat misalnya, saya bisa sangat cepat di kamar mandi bahkan bisa jadi saya memutuskan untuk tidak mandi (hanya cuci muka dan sikat gigi).
Tetapi saat saya santai dan tiba-tiba ingin bermain-main di dalam kamar mandi, saya bisa sangat lama di dalam kamar mandi bisa setengah jam lebih.
Mungkin orang akan bertanya, ngapain sih lama banget di dalam kamar mandi?
Saya pasti tidak adakan bisa menjelaskan secara detail bla bla bla, yang bisa saya lakukan adalah hanya senyum kalau tidak saya akan bilang "ada dech", hehehe.

Jadi soal mandi, soal lama atau tidaknya di dalam kamar mandi bukan lagi soal laki-laki atau perempuan, tetapi lebih pada soal kebiasaan dan keminatan seseorang.
Sehingga kita tidak perlu mengklaim orang-orang yang enjoy berlama-lama di kamar mandi.
Bahkan kitapun tidak mempunyai hak mengklaim orang-orang yang jarang mandi atau tidak begitu suka masuk kamar mandi.
Yakin bahwa orang tersebut pasti mempunyai alasan kenapa jarang mandi atau tidak begitu suka di dalam kamar mandi.
Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog