Thursday, April 24, 2014

Surat Tulis Tangan....

Waktu duduk di bangku SMP, saya sudah mengenal tentang surat.
Bukan surat resmi, tetapi surat tidak resmi yang ditujukan kepada teman atau kepada orang yang disukai.
Surat yang ditujukan kepada teman biasanya karena teman kita berada di tempat yang jauh dari posisi kita tinggal, surat jauh memerlukan jasa pos untuk mengantarnya.
Sedangkan surat yang diperuntukkan kepada seseorang yang kita taksir biasanya tidak perlu jasa pos, karena orang yang kita sukai tersebut biasanya satu daerah dengan kita tinggal.
Sebenarnya menggunakan jasa juga yaitu teman dekat yang biasa dibilang mak comblang, hehehe.
Saya termasuk sering menulis surat saat SMP, meski kebanyakan surat untuk teman saya yang tinggalnya jauh dari daerah saya.
Misalnya waktu itu saya pernah punya teman dekat namanya Mudrikah, dia pindah ke Palembang sehingga saya harus rutin mengirim surat buat dia untuk menjalin silaturahmi.

Beberapa kali menulis surat untuk orang yang saya suka meski tidak terlalu sering.
Lagipula suka saya waktu itu sepertinya masih abu-abu dan belum bisa dianggap terlalu serius.
Meski saya tidak bisa menafikkan bahwa saya sudah mulai paham bahwa hidup itu butuh relasi antara laki-laki dan perempuan.
Bagaimanapun manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan mungkin bisa hidup seorang diri tanpa bantuan dari orang lain.
Oya kembali ke surat, saking populer surat dengan tulis tangan kala itu, banyak dijual kertas-kertas dan amplop-amplop dengan motif tertentu khusus untuk menulis surat buat teman dan orang yang disuka, hehehe.

Hingga SMK surat menyurat dengan tangan masih rame dan marak.
Tidak cuma saya tetapi hampir semua teman-teman saya menggunakan surat untuk berkomunikasi dengan teman jauh maupun dengan teman dekat.
Maklum, karena waktu itu HP dan telephone belum sebanyak sekarang.
Sehingga surat masih dianggap sebagai alat komunikasi yang sangat efektif dan efisien.
Meski ribet dan agak lama membuatnya, paling tidak menulis surat membuat jari-jari kita olah raga, hehehe.
Dan bisa mengekspresikan bentuk dan gaya tulisan seseorang, sehingaa jelas terlihat mana yang tulisannya bagus dan mana yang tulisannya kurang bagus.

Saya sempat iseng mengumpulkan surat-surat dari teman-teman saya sejak SMP hingga SMK dan hasilnya surat-surat tersebut sangat banyak dan bentuknya lucu-lucu.
Ingin tertawa saat kembali melihat dan membacanya.
Kontras sekali dengan keadaan sekarang, dimana surat hanya dibuat untuk hal-hal yang sifatnya formal kantor atau organisasi.
Surat kepada teman atau orang yang disayang tidak lagi dengan menggunakan tangan melainkan bisa dituangkan lewat sms, email, telephone, bbman, whatsappan dll nya.
Hari ini jaman sudah sangat canggih dan gemilang, sehingga orang bisa melakukan apapun yang diinginkan dengan teknologi yang tersedia.
Sehingga surat dengan tulisan tangan sepertinya sudah tidak begitu relevan dan menarik.
Meski dalam hati sempat berfikir lagi, sepertinya lucu juga ya jaman sekarang menyatakan cinta dengan surat yang di tulis tangan dalam kertas surat yang ada gambar bunga-bunganya, hehehe.
Jadul sih, tapi sesekali kita itu harus kembali pada masa jadul-jadulan, dalam rangka mengingat masa lampau.
Bahwa besarnya jaman sekarang pasti tidak lepas dari adanya masa lampau.
Itu kenapa para pendahulu kita selalu berpesan agar kita tidak pernah lupa dengan sejarah dan masa lalu.
Karena dari sejarahlah kita bisa belajar untuk merubah kehidupan yang jauh lebih baik dan lebih menyenangkan.
Amien.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Welcome to my blog, this blog after upgrade theme.

Text

Berjuang Untuk 'Nilai' Copyright © 2009 imma is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template @rtNyaDesign Design My Blog